Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Makna di Balik Tanda Tangan Steve Jobs dan Bill Gates

Kompas.com - 30/08/2021, 11:27 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para pendiri dan mantan CEO perusahaan teknologi terkemuka, seperti Steve Jobs dan Bill Gates, sering kali diperbincangkan karena inovasi-inovasi yang dihasilkannya hingga harta kekayaan yang dimiliknya.

Di samping itu, sebenarnya banyak hal lain yang bisa diperbincangkan dari deretan CEO dan pendiri perusahaan teknologi terkemuka itu.

Salah satunya ialah tanda tangannya. Sebab, guratan tanda tangan dapat mencerminkan kepribadian dari pemiliknya. 

Meski tak mudah, Sheila Lowe selaku Presiden Yayasan Analisis Tulisan Tangan Amerika mencoba membaca karakter pendiri Apple dan Microsoft itu ini melalui tanda tangannya.

"Tanda tangan itu seperti sampul buku, di mana gambarnya tidak selalu cocok atau mencerminkan dengan apa yang ada di dalamnya. Namun, itu menjadi awalan yang orang ingin Anda ketahui tentang mereka," kata Lowe, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider.

Berikut ini rupa tanda tangan Steve Jobs dan Bill Gates, beserta maknanya. Tanda tangan Jobs dan Gates ini bisa jadi inspirasi bagi Anda yang baru merancang bentuk tanda tangan.

Tanda tangan Steve Jobs

Tanda tangan Steve Jobs.Business Insider Tanda tangan Steve Jobs.
Pendiri Apple yang memiliki nama lengkap Steven Paul Jobs ini memilih menggunakan tanda tangan yang terdiri dari nama depan dan belakangnya, Steven Jobs.

Baca juga: Profil Steve Jobs, Anak Imigran Muslim yang Mendirikan Apple

Tanda tangan itu ditulis menggunakan huruf sambung dan menggunakan huruf kecil seluruhnya. Menurut Lowe, itu menunjukkan kerendahan hati Jobs.

"Lingkaran (pada huruf "o" dan "b") yang dibuat sedikit lebih rendah ini menunjukkan ia dalah orang yang down to earth," kata Lowe.

Lalu, tanda tangan Jobs terdapat huruf "t" yang garisnya lebih condong ke arah kiri. Selain itu, penulisan antar karakter hurufnya pun tanpa jeda.

"Ini menandakan Jobs adalah orang yang butuh pertimbangan kedua sebelum memulai sesuatu. Tetapi begitu dia melakukannya, dia tidak pernah berhenti samapai dia menyelesaikan apa yang dia mulai," kata Lowe.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 2010 Hari Ini Terbukti

Tanda tangan Bill Gates

Tanda tangan Bill Gates.Business Insider Tanda tangan Bill Gates.
Mirip dengan Jobs, pendiri Microsoft Bill Gates juga menggunakan tanda tangan dengan gaya tulisan sambung.

Baca juga: Sepucuk Surat Bill Gates di Ranjang Steve Jobs

Bedanya, Gates memilih menggunakan nama populernya sebagai tanda tangannya, Bill Gates. Alih-alih menggunakan nama depan dan belakang, dari nama aslinya, yaitu William Henry Gates III.

Lalu, dalam membubuhkan tanda tangan, Gates juga menggunakan huruf kapital di setiap awalan namanya.

Dengan guratan tanda tangan Gates, menurut Lowe, pendiri Microsoft ini adalah tipe orang yang gemar meluangkan waktu untuk membubuhkan tanda tangan. Ini terlihat dari tanda tangan yang ditulis dengan sederhana, jelas, dan rapi.

Tanda tangan Gates ini juga mengindikasikan adanya sifat berpikir cepat dari sang pemilik.

"Tetapi titik bulat di atas huruf 'i' juga mengatakan dia sabar dengan hal-hal detail. Dia bersedia meluangkan waktu untuk mendengarkan," kata Lowe.

Baca juga: Profil Bill Gates, Pendiri Microsoft yang Putus Kuliah demi Kejar Mimpi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com