Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menonaktifkan Sementara WhatsApp Tanpa Uninstall

Kompas.com - 30/08/2021, 17:24 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Beberapa media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau Instagram menyediakan tombol "sign out" untuk keluar dari akun dan aplikasi. Hal ini memudahkan pengguna yang jenuh dan ingin melakukan detox media sosial.

Namun, tidak demikian dengan WhatsApp. Pengguna tidak bisa keluar masuk akun seperti media sosial lain. Sebab, WhatsApp tidak menyediakan tombol "sign out".

Meskipun saat ini masih belum ada cara untuk menonaktifkan atau keluar dari akun WhatsApp dalam waktu terbatas, ada trik bisa dilakukan untuk menonaktifkan sementara WhatsApp tanpa uninstall.

Melakukan force stop

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan secara paksa kinerja WhatsApp di dalam perangkat.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Emoji Reactions ala Facebook dan Instagram

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (setting) ponsel, kemudian buka menu "aplikasi".

Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp. Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada beberapa opsi, salah satunya adalah "force stop". Tekan tombol tersebut untuk menghentikan kinerja WhatsApp.

Setelah itu, Anda bisa memilih opsi untuk menonaktifkan "background data" dan mencabut semua izin aplikasi untuk WhatsApp.

Perlu diketahui, apabila Anda melakukan force stop pada WhatsApp, maka pengirim pesan hanya bisa melihat keterangan centang satu pada pesan yang dikirimkan kepada Anda.

Cara mematikan  penggunaan data latar belakang di whatsappPutri Zakia Salsabila/ KOMPAS.com Cara mematikan penggunaan data latar belakang di whatsapp

Dengan memilih opsi ini, Anda bisa menghentikan kinerja Whatsapp tanpa harus menghapus aplikasinya. Anda akan tetap mendapatkan pesan apabila kembali membuka aplikasi WhatsApp.

Selain itu, untuk menghindari "gangguan" dari notifikasi WhatsApp yang kerap menggangu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Nonaktifkan nada dering WhatsApp

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan nada dering WhatsApp.

Untuk menonaktifkan nada dering Whatsapp, Anda bisa menggunakan menu pengaturan yang ada di aplikasi.

Anda perlu membuka aplikasi Whatsapp kemudian pilih menu titik tiga vertikal di bagian kanan atas. Kemudian pilih opsi Notifikasi.

Baca juga: Aturan Baru untuk Pengguna yang Menolak Kebijakan Privasi WhatsApp

Setelah itu Anda akan melihat halaman baru yang terdiri dari opsi nada percakapan, nada notifikasi pesan, nada notifikasi grup, hingga nada notifikasi untuk panggilan.

Halaman:
Sumber GadgetsNow


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com