Cara Cek Aplikasi Pinjol yang Bisa Intip Nomor HP Teman di Ponsel

Kompas.com - Diperbarui 01/09/2021, 09:29 WIB
Ilustrasi beragam layanan pinjaman online. SHUTTERSTOCK/SMSHOOTIlustrasi beragam layanan pinjaman online.

KOMPAS.com - Jika tidak hati-hati, layanan pinjaman online (pinjol) yang menawarkan pinjaman cepat bisa membuat peminjam dana gagal bayar dan terlilit utang dengan bunga tinggi.

Beberapa layanan pinjol, khususnya pinjol ilegal yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). diketahui bisa menagih utang dengan cara mengintimidasi dan tidak sesuai etika.

Bahkan teman si peminjam ikut menjadi korban karena diteror oleh penyedia pinjol tersebut. Ini dapat terjadi jika aplikasi pinjol diberikan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel.

Baca juga: Begini Cara Aplikasi Pinjol Tahu Nomor Telepon Teman Si Peminjam Uang?

Untuk mencegah ketidaknyamanan seperti itu, ada baiknya cermati dulu izin alias permission yang diminta oleh aplikasi pinjol sebelum memutuskan untuk mengunduhnya ke ponsel. Anda bisa melakukannya dengan mudah di toko aplikasi Android Google Play Store

Cara cek apakah aplikasi pinjol bisa akses kontak di ponsel

Aplikasi pinjol resmi seharusnya tidak meminta izin mengakses kontak di ponsel. Karenanya, Anda dapat nengecek permission yang diminta agar tidak terjebak mengunduh aplikasi pinjol ilegal.  Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Buka aplikasi Google Play Store di ponsel
  • Ketik nama aplikasi pinjol yang ingin di-install
  • Klik "About this app" > "App permission" > "See more"
  • Bila ada "Contacts" di bagian "App permission", ini artinya aplikasi pinjol tersebut bisa untuk mengakses nomor telepon teman pengguna yang tersimpan di ponsel.

Bila pengguna memberikan izin aplikasi pinjol untuk mengakses daftar kontak, maka tak menutup kemungkinan penyedia pinjol akan memanfaatkan kontak tersebut untuk menghubungi dan meneror teman pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kasus Pinjol Ilegal Muncul akibat Literasi Digital Rendah

Sebagai contoh, KompasTekno mencoba mengecek izin aplikasi pinjol bernama "Dana Mudah" dan "Tunai Pinjaman" di Google Play Store. Hasilnya, di bagian App permission, kedua aplikasi pinjol itu kompak menyertakan izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel pengguna.

Izin aplikasi yang diminta oleh aplikasi pinjol ilegal bernama Dana Mudah dan Tunai Pinjaman di Google Play Store, termasuk akses ke daftar kontak di ponsel pengguna.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Izin aplikasi yang diminta oleh aplikasi pinjol ilegal bernama Dana Mudah dan Tunai Pinjaman di Google Play Store, termasuk akses ke daftar kontak di ponsel pengguna.

Pinjol resmi hanya boleh akses "camilan"

Saat KompasTekno cek di dalam daftar pinjol resmi yang terdaftar di OJK per 27 Juli 2021 di tautan berikut. ternyata keduanya tidak masuk dalam daftar. Dengan kata lain, "Dana Mudah" dan "Tunai Pinjaman" adalah pinjol ilegal.

Izin aplikasi pinjol legal bernama Kredit Pintar dan TunaiKita di Google Play Store. Tidak ada permintaan izin akses ke daftar kontak.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Izin aplikasi pinjol legal bernama Kredit Pintar dan TunaiKita di Google Play Store. Tidak ada permintaan izin akses ke daftar kontak.
Hasil berbeda didapatkan ketika KompasTekno mencoba mengecek izin dua aplikasi pinjol resmi bernama "Kredit Pintar" dan "TunaiKita" di Google Play Store.

Di bagian "App permission", kedua aplikasi pinjol berizin ini hanya meminta akses ke camera, location, dan sejumlah hal lain di kategori other.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.