Windows 11 Bisa Di-download Gratis 5 Oktober

Kompas.com - 01/09/2021, 07:40 WIB
Ilustrasi tampilan Windows 11. KOMPAS.com/BILL CLINTENIlustrasi tampilan Windows 11.

KOMPAS.com - Bulan Juni lalu, Microsoft resmi memperkenalkan sistem operasi anyarnya Windows 11. Sistem operasi penerus Windows 10 itu akan segera tersedia pada 5 Oktober sebagai update gratis.

Microsfot mengumumkan, pengguna Windows 10 resmi akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Windows 11 juga akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load Windows 11 .

Akan tetapi, seperti perilisan Windows versi sebelumnya, ketersediaannya secara gratis akan digulirkan secara bertahap. Perangkat baru yang kompatibel akan menjadi prioritas Microsoft.

Baca juga: Windows 11 Beta Sudah Tersedia, Begini Cara Memasangnya di PC dan Laptop

Setelahnya, Windows 11 baru akan tersedia ke lebih banyak konsumen dalam beberapa pekan ke depan, setelah tanggal 5 Oktober.

"Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat (kompatibel) akan mendapat penawaran upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022," jelas Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft.

Bagi pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan Windows 11 akan dimunculkan dalam menu Windows Update.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum mendukung aplikasi Android

Salah satu fitur yang menarik perhatian pada OS Windows 11 adalah dukungan OS Android tanpa modifikasi khusus.

Baca juga: Windows 11 Bisa Dipasangi Aplikasi Android dari Sumber Tak Resmi

Selama ini, aplikasi Android hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau dengan cara dual boot OS.

Akan tetapi, pengguna awal Windows 11 tampaknya harus bersabar, karena dukungan untuk Android baru tersedia pada 2022. Pratinjau aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia dalam program Windows Insider, yang akan hadir beberapa bulan mendatang.

"Kami berharap bisa melanjutan perjalanan kami untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11 dan Microsoft Store, melalui kolaborasi kami dengan Amazon dan Intel, ini akan dimulai dengan pratinjau untuk Windows Insider selama beberapa bulan mendatang," kata Woodman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.