Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penyaluran Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 dari Telkomsel

Kompas.com - 01/09/2021, 08:20 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ), operator seluler Telkomsel dan Kemendikbudristek RI kembali menyalurkan kuota internet gratis kepada pelajar dan tenaga pelajar mulai September-November 2021 mendatang.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, program bantuan kuota belajar ini merupakan salah satu upaya Telkomsel dari Kemendikbudristek RI dalam mendukung perubahan perilaku masyarakat dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui teknologi.

"Kami berharap upaya tersebut dapat terus mendampingi masyarakat dalam membuka lebih banyak peluang menuju peningkatan kualitas hidup yang lebih baik" ujar Adiniwahyu dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Kuota Belajar Gratis Kemendikbud Diperpanjang, Ini Besarannya

Adapun rincian penyaluran program bantuan kuota internet periode September-November 2021 bagi setiap penerima manfaat adalah sebagai berikut:

  • Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat kuota internet sebesar 7 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kuota internet sebesar 10 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Pendidik Jenjang PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat kuota internet sebesar 12 GB/bulan selama 3 bulan.
  • Dosen dan Mahasiswa mendapat kuota internet sebesar 15 GB/bulan selama 3 bulan.

Jadwal penyaluran bantuan kuota belajar gratis Kemendikbud 2021 dari Telkomsel

Ilustrasi besaran kuota yang diterima oleh setiap peserta penerima bantuan internet gratis dari Telkomsel dan Kemendikbudristek RI.Telkomsel Ilustrasi besaran kuota yang diterima oleh setiap peserta penerima bantuan internet gratis dari Telkomsel dan Kemendikbudristek RI.

Distribusi bantuan kuota belajar gratis ini akan dilakukan secara bertahap selama tiga bulan. Kuota ini akan disalurkan pada 11–15 September 2021, 11–15 Oktober 2021, dan 11–15 November 2021.

Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Bantuan kuota internet pada tahap ini mencakup kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek RI.

Baca juga: Apa Saja yang Bisa Diakses dengan Kuota Belajar Kemendikbud 2021?

Demi memperlancar berlangsungnya penyaluran bantuan kuota, para penerima bantuan diimbau untuk memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu di 2020 masih dalam status aktif.

Apabila ingin mengubah informasi nomor ponsel yang dimiliki, peserta penerima bantuan dapat berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan terkait yang ditunjuk pemerintah setempat.

Sementara bagi penerima bantuan yang belum terdaftar atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini juga dapat menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan berwenang melalui aplikasi DAPODIK Kemendikbudristek RI.

Petunjuk teknis terkait penyaluran bantuan kuota belajar gratis dapat diakses melalui situs Kemendikbud melalui tautan berikut. 

Pelanggan Telkomsel dapat mengecek status pendaftaran nomor ponsel dalam program bantuan kuota data internet periode September-November 2021 dari Kemendikbudristek RI melalui UMB *363*844#.

Baca juga: Cara Cek Kuota Gratis Kemendikbud untuk Telkomsel, Indosat, XL, Tri, dan Smartfren

Untuk mengetahui besaran kuota internet yang diterima atau yang sudah digunakan, pelanggan Telkomsel bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui UMB *888# atau aplikasi MyTelkomsel.

Paket kuota perdana internet Telkomsel Merdeka Belajar

Ilustrasi kartu perdana Telkomsel.Telkomsel Ilustrasi kartu perdana Telkomsel.

Guna memudahkan para pelajar dan tenaga pengajar yang belum menggunakan produk Telkomsel dalam menjalani kegiatan PJJ, Telkomsel turut mendistribusikan paket Perdana Internet Merdeka Belajar ke sejumlah sekolah dan kampus yang melakukan kerjasama.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com