Apple Servis Gratis iPhone 12 yang Speakernya Bermasalah

Kompas.com - 01/09/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. NikkeiAsiaIlustrasi iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

KOMPAS.com - Sejumlah iPhone 12 dan iPhone 12 Pro dilaporkan mengalami masalah pada komponen speaker. Alhasil, pengguna tidak dapat mendengar suara ketika sedang melakukan atau menerima panggilan telepon.

Untuk mengatasi masalah ini, Apple akhirnya mengumumkan program perbaikan global secara cuma-cuma alias gratis, untuk iPhone 12 dan iPhone 12 Pro yang speakernya bermasalah.

Menurut Apple, hanya ada sejumlah kecil perangkat iPhone 12 dan iPhone 12 Pro yang terdampak masalah speaker ini, khususnya yang diproduksi antara bulan Oktober 2020 hingga April 2021.

Baca juga: Harga iPhone 12 Terbaru di Indonesia

Apple mengatakan, masalah pada speaker iPhone 12 dan 12 Pro ini kemungkinan disebabkan karena modul receiver speaker yang rusak.

"Jika iPhone 12 atau iPhone 12 Pro Anda tidak mengeluarkan suara dari speaker saat Anda melakukan atau menerima panggilan, perangkat tersebut mungkin memenuhi syarat untuk diservis secara gratis," tulis Apple dalam laman Apple Support, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (31/8/2021).

Untuk bisa mendapatkan servis speaker gratis, pengguna perlu melakukan beberapa tahapan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Pertama, temukan penyedia layanan resmi Apple dengan mengakses tautan berikut ini.
  • Bawa iPhone 12 atau iPhone 12 Pro yang speakernya bermasalah. Selanjutnya, perangkat iPhone akan diperiksa untuk memastikan bahwa ponsel memenuhi syarat untuk program gratis masalah speaker ini.
  • "Sebelum diservis, back up data iPhone Anda ke iCloud atau komputer Anda. Pelajari lebih lanjut tentang mempersiapkan iPhone Anda untuk diservis di tautan berikut," tulis Apple.
  • Bila masih bingung, Apple menyarankan pengguna untuk menghubungi pihaknya melalui Apple Support.

Apple menegaskan, program ini hanya berlaku untuk dua seri iPhone 12, yaitu iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Tidak termasuk ponsel iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max.

Lalu, jika iPhone 12 atau iPhone 12 Pro pengguna mengalami kerusakan yang mengganggu proses servis speaker, seperti layar retak, Apple mengatakan masalah tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum servis speaker.

Baca juga: Beli iPhone 12 di Toko Online Apple, yang Datang Malah Barang Ini

"Dalam beberapa kasus, mungkin ada biaya yang terkait dengan perbaikan tambahan," tulis Apple.

Program gratis servis untuk masalah speaker ini menandai program pertama Apple untuk jajaran iPhone 12 series.

Perusahaan rintisan Steve Jobs ini memang kerap memberikan program perbaikan gratis untuk produk garapannya. Misalnya, pada 2020, Apple menggelar program servis gratis untuk masalah layar iPhone 11.

Pada awal 2021, Apple juga menggelar program penggantian baterai secara cuma-cuma untuk perangkat MacBook Pro keluaran 2016 dan 2017 yang bermasalah.

Apakah kalian termasuk yang terdampak masalah speaker pada iPhone 12 atau iPhone 12 Pro?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.