Riset: Mematikan Video Saat Zoom dan Google Meet Bisa Kurangi Kelelahan

Kompas.com - 01/09/2021, 09:46 WIB
Ilustrasi Zoom. BusinessInsiderIlustrasi Zoom.

KOMPAS.com - Selama pandemi ini, panggilan video melalui platform video conferencing Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dan platform lainnya menjadi cara alternatif populer yang digunakan untuk melakukan rapat virtual selama kerja dari rumah (work from home/WFH).

Saking seringnya melakukan video konferensi, orang-orang tak jarang mengalami "Zoom Fatigue" atau kondisi ketika seseorang merasa lelah dan gelisah akibat terlalu sering melakukan pertemuan virtual.

Alhasil, tak menutup kemungkinan, fenomena "Zoom Fatigue" ini dapat memengaruhi performa kerja seseorang.

Kabar baiknya, sejumlah peneliti menemukan bahwa mematikan video saat sedang mengikuti rapat virtual ternyata bisa mengurangi tingkat kelelahan atau "Zoom Fatigue" pada seseorang.

Bahkan, mematikan video saat rapat virtual juga disebutkan dapat meningkatkan keterlibatan seseorang saat rapat virtual.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian bertajuk "The fatiguing effects of camera use in virtual meetings: A within-person field experiment".

Hasil riset yang digagas oleh Kristen M Shockley dan beberapa peneliti lainnya ini dipublikasikan di situs American Psychological Association (APA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Cara Mencegah Zoom Fatigue, Kelelahan Akibat Sering Video Call

Hasil penelitian ini juga dibagikan oleh psikolog organisasi di Wharton School of University of Pennsylvania, Adam Grant, melalui akun Twitter-nya.

Menurut Grant, perusahaan atau organisasi bisa memberikan kebebasan kepada para peserta untuk mematikan kamera mereka saat mengikuti rapat virtual.

Penelitian berbasis eksperimen ini melibatkan 103 karyawan. Selama 19 hari, setiap karyawan mencoba untuk menggunakan kamera dan mematikan kamera saat video call.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.