Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS5 Model Baru Makin Ringan tapi Lebih Panas?

Kompas.com - 01/09/2021, 12:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sony beberapa waktu lalu merilis PlayStation 5 (PS5) versi baru. Meski tidak ada perubahan dari segi tampilan, PS5 model anyar tersebut memiliki bobot 300 gram lebih ringan dari PS5 Standard Edition versi awal.

Ketika itu, belum diketahui komponen apa yang diganti Sony untuk memangkas bobot konsol tersebut.

Nah, baru-baru ini, YouTuber gaming Austin Evans membongkar PS5 versi anyar tersebut. Ia mencaru tahu komponen atau hardware apa saja yang diubah Sony dan mengunggah videonya di YouTube. 

Menurut Evans, perubahan yang sangat mencolok terletak di pipa pendingin (heatsink) perangkat. Pendingin berbahan aluminum dan tembaga tersebut kini berukuran 16 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Karena lebih kecil, bobot PS5 Standard Edition versi baru ini bisa dibuat lebih ringan dari versi awal.

Baca juga: Sony Diam-diam Rilis PS5 Versi Ringan

Ilustrasi komponen heatsink di PS5 versi awal (kiri) dan baru (kanan).YouTube.com/Austin Evans Ilustrasi komponen heatsink di PS5 versi awal (kiri) dan baru (kanan).
Meski demikian, ukuran heatsink yang lebih kecil ini akan turut berdampak pada performa PS5. Sebab, suhu panas yang bisa diserap perangkat akan bergantung pada ukuran heatsink yang digunakan.

Artinya, kemungkinan PS5 versi baru akan sedikit lebih panas dibanding PS5 versi awal.  Namun, Sony tampaknya memiliki solusi untuk hal tersebut dan mengganti jenis kipas yang ada di dalam PS5.

Kini, setiap baling-baling (impeller) di komponen kipas PS5 versi terbaru kini dibuat lebih panjang dari versi awal. Hal ini memungkinkan udara yang masuk ke dalam PS5 akan lebih banyak dan bisa meringankan beban kerja heatsink.

Belum bisa dipastikan apakah kehadiran kipas terbaru ini akan turut membantu meredam panas di PS5 versi baru tersebut atau tidak.

Sebab, hal itu bisa saja dipengaruhi oleh software yang bisa membatasi kinerja hardware PS5 secara keseluruhan, sehingga tidak cepat panas.

Yang jelas, Evans mencatat bahwa kipas yang keluar dari ventilasi udara PS5 terasa 3-5 derajat Celcius lebih hangat.

Baca juga: Sony Sebar Kabar Gembira untuk Peminat PS5

Komponen lain yang diganti

Komponen kipas PS5 versi awal (kiri) dan baru (kanan).YouTube.com/Austin Evans Komponen kipas PS5 versi awal (kiri) dan baru (kanan).
Selain heatsink, Evans menambahkan bahwa PS5 versi anyar ini turut dilengkapi dengan penopang (mount) dengan desain penjepit dan jenis baut yang berbeda dari versi pendahulunya.

Baut anyar ini bisa dikencangkan langsung menggunakan tangan sehingga lebih praktis.

Pengguna tak perlu repot-repot mencari obeng apabila ingin menyesuaikan posisi antara penopang dengan konsol.

Ada pula modul WiFi yang kini posisinya sedikit diubah. Sebab, model motherboard yang dipakai PS5 versi anyar tersebut sedikit berbeda dari versi awal.

Dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (1/9/2021), Evans mendapatkan PS5 dengan nomor model CFI-1102A ini langsung dari Jepang.

Baca juga: Deretan Game PS5 yang Peluncurannya Tertunda pada 2021

PS5 versi tersebut juga disinyalir sudah bisa didapatkan di sejumlah toko ritel di Australia dan Amerika Serikat.

Berdasarkan sejumlah kabar yang beredar, PS5 versi terbaru itu dikabarkan akan turut tersedia di wilayah lain.

Namun, mengingat tingginya permintaan dan situasi kelangkaan chip, hal tersebut masih belum bisa dipastikan dan Sony juga belum mengumbar informasi apapun soal ketersediaannya di beberapa negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com