PS5 Model Baru Makin Ringan tapi Lebih Panas?

Kompas.com - 01/09/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense. TechspotIlustrasi PS5 dengan controller DualSense.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sony beberapa waktu lalu merilis PlayStation 5 (PS5) versi baru. Meski tidak ada perubahan dari segi tampilan, PS5 model anyar tersebut memiliki bobot 300 gram lebih ringan dari PS5 Standard Edition versi awal.

Ketika itu, belum diketahui komponen apa yang diganti Sony untuk memangkas bobot konsol tersebut.

Nah, baru-baru ini, YouTuber gaming Austin Evans membongkar PS5 versi anyar tersebut. Ia mencaru tahu komponen atau hardware apa saja yang diubah Sony dan mengunggah videonya di YouTube. 

Menurut Evans, perubahan yang sangat mencolok terletak di pipa pendingin (heatsink) perangkat. Pendingin berbahan aluminum dan tembaga tersebut kini berukuran 16 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya.

Karena lebih kecil, bobot PS5 Standard Edition versi baru ini bisa dibuat lebih ringan dari versi awal.

Baca juga: Sony Diam-diam Rilis PS5 Versi Ringan

Ilustrasi komponen heatsink di PS5 versi awal (kiri) dan baru (kanan).YouTube.com/Austin Evans Ilustrasi komponen heatsink di PS5 versi awal (kiri) dan baru (kanan).
Meski demikian, ukuran heatsink yang lebih kecil ini akan turut berdampak pada performa PS5. Sebab, suhu panas yang bisa diserap perangkat akan bergantung pada ukuran heatsink yang digunakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, kemungkinan PS5 versi baru akan sedikit lebih panas dibanding PS5 versi awal.  Namun, Sony tampaknya memiliki solusi untuk hal tersebut dan mengganti jenis kipas yang ada di dalam PS5.

Kini, setiap baling-baling (impeller) di komponen kipas PS5 versi terbaru kini dibuat lebih panjang dari versi awal. Hal ini memungkinkan udara yang masuk ke dalam PS5 akan lebih banyak dan bisa meringankan beban kerja heatsink.

Belum bisa dipastikan apakah kehadiran kipas terbaru ini akan turut membantu meredam panas di PS5 versi baru tersebut atau tidak.

Sebab, hal itu bisa saja dipengaruhi oleh software yang bisa membatasi kinerja hardware PS5 secara keseluruhan, sehingga tidak cepat panas.

Halaman:


Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.