Apa Itu Breakout Room di Zoom dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 01/09/2021, 16:07 WIB
ilustrasi Aplikasi Video Conference Zoom CNETilustrasi Aplikasi Video Conference Zoom

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat popularitas Zoom meroket. Platform video conference ini menjadi andalan banyak orang untuk melakukan rapat virtual selama kerja dari rumah (work from home/WFH) serta kegiatan belajar mengajar secara online.

Dari sekian banyak fitur yang disediakan, Breakout Rooms boleh dibilang menjadi salah satu yang menarik untuk digunakan. Ini karena fitur Breakout Rooms memungkinkan pengguna untuk membuat ruang meeting Zoom tambahan, dalam satu sesi Zoom meeting yang sama.

Dengan menggunakan fitur Breakout Rooms, host atau co-host Zoom meeting bisa mengelompokkan peserta Zoom meeting dalam jumlah yang lebih kecil.

Baca juga: Cara Membuat Link Undangan Zoom Meeting dari PC dan Ponsel

Sebagaimana dihimpun dari laman Support Zoom, dengan fitur Breakout Rooms, host atau co-host bisa membuat hingga 50 ruang meeting Zoom tambahan, dalam satu sesi Zoom meeting.

Saat peserta sudah berada di Breakout Rooms, seluruh video dan audio peserta tak akan muncul di ruang Zoom meeting utama. Host dan co-host juga bisa berpindah-pindah dari satu breakout room ke room lainnya dengan mudah.

Breakout Rooms bisa untuk kerja kelompok atau rapat antardivisi

Fitur Breakout Room Zoom ini cocok digunakan untuk kolaborasi atau diskusi dengan peserta yang lebih sedikit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh sederhananya, seorang guru Biologi mengajar 30 orang siswa melalui Zoom meeting. Kali ini, sang guru ingin memberikan tugas kelompok, di mana ada lima kelompok dengan masing-masing enam orang siswa di dalamnya.

Untuk mempermudah proses diskusi kelompok, sang guru bisa menggunakan fitur Breakout Rooms untuk membuka lima breakout rooms. Masing-masing ruangan digunakan untuk satu kelompok.

Baca juga: Riset: Mematikan Video Saat Zoom dan Google Meet Bisa Kurangi Kelelahan

Nantinya, sang guru bisa menugaskan tiap-tiap siswa untuk masuk ke Breakout Rooms yang ditentukan. Saat ada di Breakout Rooms, tiap-tiap kelompok bisa berdiskusi dengan leluasa, karena video dan audio mereka terpisah dari kelompok lain di breakout room yang berbeda. 

Sebagai host meeting, sang guru juga bisa keluar masuk dengan leluasa di lima Breakout Rooms yang ada, bila ingin memantau jalannya diskusi di setiap Breakout Rooms.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.