Samsung Pamerkan Ponsel Layar Lipat Tiga

Kompas.com - 02/09/2021, 11:02 WIB
Ponsel lipat prototipe lipat tiga yang dipamerkan Samsung di iMid 2021. SamsungPonsel lipat prototipe lipat tiga yang dipamerkan Samsung di iMid 2021.

KOMPAS.com - Samsung memamerkan perangkat prototipe/purwarupa ponsel layar lipat teranyar mereka di ajang "Internetional Meeting on information Display" (iMid) 2021, yang digelar di Korea Selatan 25-27 Agustus lalu.

Namun berbeda dengan ponsel layar lipat yang telah diproduksi massal, seperti Galaxy Z Fold dan Z Flip yang bisa dilipat menjadi dua bagian, layar ponsel prototipe Samsung ini bisa dilipat menjadi tiga bagian.

Wujud nyata ponsel lipat ini dipamerkan dalam sebuah video YouTube yang diunggah kanal Samsung Display.

Baca juga: Ponsel Lipat Melesat pada 2023, Samsung Diramal Jadi Penguasa

Jika dilihat dari desainnya, bagian muka ponsel tersebut sepintas memang tampak mirip seperti ponsel Galaxy Z Fold 3, yang diluncurkan Samsung pada Agustus lalu. Bedanya, alih-alih satu, ada dua engsel yang menyatukan tiga panel layar.

Masing-masing engsel tersebut berfungsi untuk melipat bagian kiri dan kanan layar, baik dalam posisi memunggungi (in-fold) atau menghadap pengguna (out-fold). Samsung menyebut mekanisme layar lipat ini dengan "Flex In & Out"

Ketika kedua sisi layar kiri dan kanan dilipat, layar berukuran 7,2 inci akan berbentuk seperti smartphone kebanyakan, namun tentunya dengan dimensi yang tebal, sebagai efek dari layar yang memunggungi satu sama lain. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ponsel lipat prototipe lipat tiga yang dipamerkan Samsung di iMid 2021.Samsung Ponsel lipat prototipe lipat tiga yang dipamerkan Samsung di iMid 2021.

Kedua sisi layar tersebut juga bisa sedikit dibengkokkan (tidak dilipat penuh), sehingga bentuknya menyerupai huruf "S".

Baca juga: Berapa Harga Ganti Layar Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Agar bisa dilipat, ponsel purwarupa Samsung ini mengusung panel Multi-Foldable OLED.  Samsung tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana kedua engsel di perangkat ini bekerja, begitu juga ketangguhan layarnya.

Yang jelas, ketika dibentangkan, perangkat ini bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi yang berbeda dalam satu layar besar, yang nantinya akan dibagi menjadi tiga bagian, secara bersamaan.

Kendati dipamerkan, Samsung tidak mengumbar apakah ponsel lipat purwarupa ini bakal dibuat menjadi produk komersil atau tidak.

Terkenal di industri layar

Satu hal yang pasti, sebelum ponsel lipat ini dipamerkan, Samsung sendiri bisa dibilang merupakan produsen smartphone yang dikenal di industri display dan vendor yang mempopulerkan ponsel lipat ke konsumen secara luas.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

Selama tiga tahun terakhir, pabrikan ponsel asal Korea Selatan tersebut bahkan sudah meluncurkan tiga generasi ponsel lipat yang memiliki layar utama seperti tablet, mulai dari Galaxy Fold (2019), Galaxy Z Fold 2 (2020), dan Galaxy Z Fold 3 (2021).

Selain itu, Samsung juga menjadi pemasok layar untuk berbagai produk Apple, seperti sebagian besar perangkat iPhone generasi terkini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (2/9/2021).

Menarik menunggu seperti apa bentuk ponsel lipat Samsung berikutnya yang bakal diluncurkan. Apakah akan berbentuk seperti ponsel prototipe di atas? Kita nantikan saja.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.