Samsung Umumkan Isocell HP1, Sensor Kamera 200 MP untuk Ponsel

Kompas.com - 03/09/2021, 10:46 WIB
Samsung ISOCELL HP1. SammobileSamsung ISOCELL HP1.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Setelah didului sejumlah rumor, Samsung resmi meluncurkan sensor kamera terbarunya, Isocell HP1 untuk kamera ponsel. Sensor ini mendukung resolousi hingga 200 MP.

Isocell HP1 diklaim menjadi sensor kamera ponsel pertama Samsung dan di industri mobile yang mendukung resolusi 200 MP. Sensor ini mengusung format 1/1,22 inci dengan ukuran native tiap piksel 0,64 mikron.

Secara fitur, sensor gambar ini dibekali dengan teknologi dynamic pixel binning untuk meningkatkan kualitas gambar yang dijepret. Teknologi ini akan menyesuaikan metode penggabungan gambar atau pixel binning mana yang cocok untuk pemotretan berdasarkan kondisi pencahayaan.

Teknologi yang juga dijuluki ChameleonCell tersebut bisa menghasilkan gambar tanpa pengabungan piksel (full-pixel rendering), 2x2 pixel binning, atau 4x4 pixel binning.

Ketika menggunakan teknik 2x2 pixel binning, resolusi gambar yang dihasilkan akan mentok di 50 MP, dengan ukuran tiap piksel 1,28 mikron.

Ilustrasi teknologi dynamic pixel binning di sensor kamera Samsung Isocell HP1Sammobile Ilustrasi teknologi dynamic pixel binning di sensor kamera Samsung Isocell HP1
Baca juga: Sony dan Samsung Pimpin Pasaran Sensor Kamera Dunia

Sedangkan di mode 4x4 pixel binning, resolusinya hanya mencapai 12,5 MP dengan ukuran tiap pixel 2,65 mikron.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski resolusinya dipangkas, teknik pixel binning esensinya bisa meningkatkan kualitas gambar agar tiap detailnya makin tajam, terlebih dalam kondisi low-light.

Beralih ke aspek video, Isocell HP1 mendukung mode perekaman 8K dengan frame rate 30 FPS, 4K dengan 120 FPS, serta perekaman gambar dengan bidang pandang yang lebih lebar.

Isocell GN5

ISOCELL GN5.Sammobile ISOCELL GN5.
Selain Isocell HP1, Samsung turut memperkenalkan sensor gambar lainnya yakni Isocell GN5.

Sensor kamera ini mendukung resolusi 50 MP dan mengusung format 1/1,57 inci dengan ukuran native piksel 1 mikron.

Halaman:


Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.