Dokumen di Google Drive Kini Bisa Diakses Tanpa Koneksi Internet

Kompas.com - 06/09/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi Google Drive. Android CentralIlustrasi Google Drive.

KOMPAS.com - Setelah dinanti-nanti, Google akhirnya resmi menggulirkan fitur "Available Offline" untuk file PDF, Microsoft Word, dan jenis file lainnya yang didukung oleh Google Drive. Fitur ini sebelumnya hadir dalam versi beta sejak 2019.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengakses dokumen PDF, gambar (PNG, JPG, dsb.), Micosoft Office, dan dokumen jenis lainnya di Google Drive secara offline alias tanpa koneksi internet.

Baca juga: Google Luncurkan Aplikasi Drive for Desktop, Pengganti Backup and Sync

Sebenarnya, mode offline di Google Drive bukanlah barang baru. Hanya saja, dulu penggunaannya terbatas untuk mengakses file Google, seperti Docs, Spreadsheet, dan Slides.

Kehadiran fitur baru ini akan membantu pengguna untuk tetap bisa mengakses dokumen penting di Google Drive ketika travelling atau ketika tidak bisa tersambung ke internet.

Cara mengakses dokumen di Google Drive tanpa koneksi internet

Untuk bisa mengakses file secara offline, pengguna harus mengaktifkan mode offline secara manual melalui PC, untuk setiap file yang ingin bisa diakses tanpa koneksi internet. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka Google Drive via browser
  • Pilih file PDF, gambar, Microsoft Word, atau file lainnya yang ingin bisa diakses secara offline.
  • Lalu klik kanan > geser tombol toggle "Available Offline" ke arah "on" atau hingga berwarna biru.
  • Nantinya, setiap file yang bisa diakses secara offline akan memiliki ikon checklist di sebelah nama dokumennya.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Mode offline untuk file non-Google (PDF, gambar, Microsoft Office, dkk) hadir di Google Drive.Google Blog Mode offline untuk file non-Google (PDF, gambar, Microsoft Office, dkk) hadir di Google Drive.

Saat tak ada koneksi internet, pengguna bisa membuka file PDF, gambar, Microsoft Word, dan file lainnya tersebut melalui Google Docs, Google Chrome, atau aplikasi kompatibel yang terpasang di komputer.

Baca juga: Awas, Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Akun Google Drive Murah

Fitur mode offline untuk file non-Google ini tersedia untuk semua pengguna layanan Google Workspace, termasuk pemilik akun gratis maupun premium, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Google Blog untuk layanan Workspace, Senin (6/9/2021).

Fitur baru ini digulirkan secara bertahap oleh Google sejak 2 September lalu. Apabila belum menemukan di Drive, mungkin pengguna harus sedikit bersabar menunggu ketersediaannya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.