Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah PS5, Game Balap Gran Turismo 7 Akan Hadir di PS4

Kompas.com - 06/09/2021, 16:08 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sebelumnya sempat dikabarkan hanya akan dirilis untuk PlayStation 5 (PS5), game balap mobil teranyar dari seri ikonik Gran Turismo, yaitu Gran Turismo 7, dipastikan bakal ikut hadir di konsol PlayStation 4 (PS4)

Hal itu disampaikan President & CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan ketika mengumumkan ketersediaan suksesor Horizon Zero Dawn, yakni Horizon Forbidden West, beberapa hari lalu.

Ryan sebenarnya tidak mengatakan secara gamblang bahwa game besutan Polyphony Digital tersebut memang bakal hadir di PS4, selain PS5.

Namun, dia memastikan bahwa pemain PS4 nantinya bisa membayar10 dolar AS (sekitar Rp 142.000) untuk biaya upgrade aneka game eksklusif terbaru Sony PlayStation di konsol tersebut untuk versi PS5, salah satunya adalah Gran Turismo 7.

Baca juga: Ini 3 Game Gratis PS Plus September 2021 untuk PS4 dan PS5

Dengan kata lain, akan ada game Gran Turismo 7 di PS4 yang kemudian bisa di-upgrade apabila pemiliknya membeli PS5. Penawaran upgrade berbayar berlaku untuk game versi fisik (physical disc) maupun versi digital.

"Ditujukan bagi game eksklusif Sony Interactive Entertainment terbaru yang akan dirilis di masa depan, seperti God of War dan Gran Turismo 7, serta berbagai game lainnya yang dirilis di PS4 dan PS5 secara bersamaan," kata Ryan dalam sebuah pengumuman

Meski demikian, tawaran upgrade tak berlaku untuk game Horizon Forbidden West yang bakal dirilis di PS4 pada 18 Februari 2022 mendatang.

Ketika pemain PS4 membeli game tersebut, mereka akan sekaligus mendapatkan versi PS5-nya secara cuma-cuma, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PlayStationBlog, Senin (6/9/2021).

"Turun" ke PS4, fitur dipangkas

Tampilan game balap Gran Turismo 7https://www.gtplanet.net/ Tampilan game balap Gran Turismo 7

Kembali lagi ke Gran Turismo 7, karena "turun" ke PS4, game tersebut kemungkinan besar bakal memiliki penurunan fitur dibanding versi PS5. Sebab, tenaga hardware PS4 memang tidak sekuat PS5.

Beberapa di antaranya seperti kualitas grafis game itu secara keseluruhan yang diturunkan, pemangkasan frame rate dan resolusi yang ditampilkan, dan tentunya hilangnya dukungan DualSense di PS4. 

Baca juga: Tokyo Game Show 2021 Digelar Online, Pengunjung Bisa Hadir Virtual Pakai VR

Apabila memang benar ada penurunan fitur, maka pengalaman bermain Gran Turismo 7 di kedua konsol tersebut kemungkinan juga akan berbeda, meski gamenya sama.

Tidak dijelaskan apakah Gran Turismo 7 bakal mendukung mode permainan cross-platform (pemain PS4 bisa main bareng dengan pemain PS5) atau tidak. Ryan juga tak mengungkap kapan game tersebut bakal tersedia.

Informasi resmi selanjutnya terkait Gran Turismo 7 kemungkinan bakal  disampaikan di ajang PlayStation Showcase pada 9 September mendatang pukul 13.00 waktu AS, atau 10 Septmeber pukul 03.00 WIB. Acara ini dapat ditonton dengan mengunjungi tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com