"Last Seen" WhatsApp Akan Bisa Disembunyikan dari Kontak Tertentu

Kompas.com - 07/09/2021, 10:11 WIB
Ilustrasi chat WhatsApp. Phone ArenaIlustrasi chat WhatsApp.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Fitur Last Seen WhatsApp yang menunjukkan kapan pengguna terakhir kali online, sejatinya bisa dimatikan. Jika fitur ini dimatikan, maka semua daftar kontak tidak akan bisa melihat informasi kapan pengguna tersebut terakhir kali online.

Namun, fitur Last Seen WhatsApp ini ke depannya akan bisa disembunyikan hanya untuk kontak tertentu atau orang yang dikehendaki.

Menurut situs pembocor fitur WhatsApp, WABetaInfo, selain Last Seen, rincian profil pengguna yakni fitur Profile Photo dan halaman About juga disebut bakal bisa disembunyikan dari orang tertentu.

Fitur Last Seen di WhatsApp yang hadir dengan menu My Contacts Except....WABetaInfo Fitur Last Seen di WhatsApp yang hadir dengan menu My Contacts Except....
Menurut laporan WABetaInfo, fitur Last Seen, Profile Photo, dan About bakal hadir akan kedatangan satu menu baru yang biasa ditemui di pengaturan privasi Status WhatsApp, yakni "My Contact Except..."

Baca juga: Stiker Bertema Money Heist Bisa Di-download di WhatsApp, Begini Caranya

Seperti namanya, menu tersebut memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan profil dan aktivitas pengguna di WhatsApp dari orang tertentu saja yang ada di dalam daftar kontak.

Sebelumnya, informasi terakhir online, foto profil, dan kolom About tidak bisa diatur dengan bebas dan hanya bisa dilihat oleh semua orang (Everyone), kontak pengguna (My Contacts), atau disembunyikan dari semua orang (Nobody) saja.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna bisa mematikan fitur Last Seen ke beberapa pengguna tertentu saja.

Perlu dicatat, WABetaInfo mengatakan bahwa apabila pengguna menyembunyikan informasi Last Seen dari orang tertentu, maka pengguna tersebut juga tidak bisa melihat informasi kapan terakhir orang yang dibatasi itu online.

Terlepas dari itu, belum ada informasi kapan fitur ini akan dirilis ke publik. WABetaInfo hanya mengatakan fitur tersebut kini masih dalam pengembangan.

Baca juga: WhatsApp Didenda Rp 3,8 Triliun

Ilustrasi gambar dalam bocoran yang dibagikan, menampilkan bahwa fitur ini dikembangkan di WhatsApp versi iOS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Selasa (7/9/2021).

Namun, fitur tersebut diprediksi juga bakal hadir di WhatsApp versi Android ketika nanti meluncur secara luas. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.