Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Emoji Kalender di WhatsApp Android Selalu 24 Februari?

Kompas.com - 08/09/2021, 10:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seberapa sering Anda menggunakan emoji? Biasanya, emoji digunakan untuk menguatkan ekspresi dari pesan teks agar chat terasa lebih "hidup".

Ada pula orang yang menggunakan emoji untuk menggantikan pesan teks agar lebih ringkas.
Tapi, pernahkan Anda perhatikan emoji kalender di WhatsApp Android?

Di ponsel Android, ikon emoji kalender bertuliskan tanggal 24 Februari, bukan tanggal 1 Januari yang notabene tanggal pertama di setiap pergantian tahun, atau 31 Desember sebagai pucuk tanggal di akhir tahun.

Mengapa emoji kalender di Android tanggal 24 Februari?

Ternyata, tanggal itu memiliki makna tersendiri yakni sebagai hari jadi WhatsApp. Pada tanggal 24 Februari 2009, pendiri WhatsApp, Jan Koum mendaftarkan WhatsApp sebagai perusahaan.

Baca juga: 7 Emoji Ini Sering Keliru Diartikan, Apa Makna Sebenarnya?

Entah sengaja atau tidak, 24 Februari juga merupakan hari ulang tahun Koum. Aplikasi WhatsApp lalu rilis untuk pertama kalinya pada bulan Mei 2009, sebagaimana dirangkum dari Wired.

Bersama rekannyam Brian Acton, Koum memutar otak agar aplikasi pesan instannya bisa lebih banyak digunakan di berbagai platform.

Mereka juga mulai melakukan pendanaan untuk mengembangkan WhatsApp. Acton mengklaim pertumbuhan pengguna WhatsApp waktu itu sangat cepat.

"Pertumbuhan kami sangat cepat ketika gratis, 1.000 unduhan per hari. Dan kami akan mulai berbayar," kata Acton kala itu.

Memang, mulanya, WhatsApp merupakan aplikasi berbayar. Pengguna harus membayar sebesar 1 dollar AS per tahun untuk bisa chatting via WhatsApp.

Baca juga: Zoom Siapkan Layanan E-mail dan Kalender, Ingin Saingi Google?

Setelah lima tahun berdiri dan tumbuh sanngat pesat, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook Inc pada 19 Februari 2014. Proses akuisisi rampung pada bulan Oktober dengan total nilai 21,8 miliar dollar AS.

Setelah diakuisisi Facebook, WhatsApp bisa digunakan secara gratis sejak tahun 2016. Kini, Brian Acton dan Jan Koum sama-sama sudah tidak lagi bekerja di WhatsApp, perusahaan yang mereka dirikan.

Tanggal di emoji kalender lainnya

Kembali soal emoji, WhatsApp versi iOS memiliki ikon kalender dengan tanggal yang berbeda. Di iOS, emoji kalender menggunakan tanggal 17 Juli, yang bertepatan dengan hari emoji sedunia.

Sementara untuk Facebook Messenger, meski berada di bawah payung yang sama dengan Facebook, ikon emoji kalender di Messenger berbeda dengan WhatsApp.

Baca juga: Bahaya yang Mengikuti Unggahan Selamat Ulang Tahun di Media Sosial

Di Messenger, emoji kalender memiliki dua ikon tanggal, yakni 4 Februari dan 14 Mei, dirangkum KompasTekno dari Mind Life TV, Rabu (8/9/2021).

Tanggal 4 Februari diketahui merujuk pada hari didirikannya Facebook, sedangkan tanggal 14 Mei merupakan tanggal ulang tahun Mark Zuckerberg, bos besar Facebook Inc.

Bukan hanya di emoji saja, ikon aplikasi kalender di ponsel Android di beberapa vendor ponsel, juga menampilkan tanggal 24 Februari. Seperti ikon kalender di ponsel Android Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com