Mengapa Emoji Kalender di WhatsApp Android Selalu 24 Februari?

Kompas.com - 08/09/2021, 10:44 WIB

KOMPAS.com - Seberapa sering Anda menggunakan emoji? Biasanya, emoji digunakan untuk menguatkan ekspresi dari pesan teks agar chat terasa lebih "hidup".

Ada pula orang yang menggunakan emoji untuk menggantikan pesan teks agar lebih ringkas.
Tapi, pernahkan Anda perhatikan emoji kalender di WhatsApp Android?

Di ponsel Android, ikon emoji kalender bertuliskan tanggal 24 Februari, bukan tanggal 1 Januari yang notabene tanggal pertama di setiap pergantian tahun, atau 31 Desember sebagai pucuk tanggal di akhir tahun.

Mengapa emoji kalender di Android tanggal 24 Februari?

Ternyata, tanggal itu memiliki makna tersendiri yakni sebagai hari jadi WhatsApp. Pada tanggal 24 Februari 2009, pendiri WhatsApp, Jan Koum mendaftarkan WhatsApp sebagai perusahaan.

Baca juga: 7 Emoji Ini Sering Keliru Diartikan, Apa Makna Sebenarnya?

Entah sengaja atau tidak, 24 Februari juga merupakan hari ulang tahun Koum. Aplikasi WhatsApp lalu rilis untuk pertama kalinya pada bulan Mei 2009, sebagaimana dirangkum dari Wired.

Bersama rekannyam Brian Acton, Koum memutar otak agar aplikasi pesan instannya bisa lebih banyak digunakan di berbagai platform.

Mereka juga mulai melakukan pendanaan untuk mengembangkan WhatsApp. Acton mengklaim pertumbuhan pengguna WhatsApp waktu itu sangat cepat.

"Pertumbuhan kami sangat cepat ketika gratis, 1.000 unduhan per hari. Dan kami akan mulai berbayar," kata Acton kala itu.

Memang, mulanya, WhatsApp merupakan aplikasi berbayar. Pengguna harus membayar sebesar 1 dollar AS per tahun untuk bisa chatting via WhatsApp.

Baca juga: Zoom Siapkan Layanan E-mail dan Kalender, Ingin Saingi Google?

Setelah lima tahun berdiri dan tumbuh sanngat pesat, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook Inc pada 19 Februari 2014. Proses akuisisi rampung pada bulan Oktober dengan total nilai 21,8 miliar dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.