Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Kini Lebih Doyan Nonton TikTok Dibanding YouTube

Kompas.com - 08/09/2021, 14:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Popularitas TikTok kian menanjak. Bahkan, TikTok kini mengalahkan YouTube di kandangnya.

Hal ini terlihat dari hasil penelitian perusahaan riset aplikasi mobile App Annie, terhitung akhir Juni lalu atau penghujung kuartal kedua (Q2) 2021. 

Dari riset tersebut diketahui bahwa pengguna internet di Amerika Serikat (AS) lebih doyan menonton TikTok daripada YouTube.

Masing-masing warganet AS tercatat menghabiskan waktu 24 jam setiap bulannya untuk menonton video di TikTok.

Angka tersebut lebih tinggi ketimbang durasi waktu yang dihabiskan setiap warganet untuk menonton video di YouTube, yakni selama 22 jam 40 menit setiap bulannya.

Hal serupa juga terjadi di Inggris pada Mei 2020 lalu. Bedanya, perbedaan durasi waktu yang dihabiskan setiap netizen Inggris di TikTok dan YouTube cenderung lebih besar.

Pada Mei 2020, dalam sebulan, pengguna internet di Inggris dilaporkan menonton hampir 26 jam konten di TikTok. Sementara itu, mereka hanya menghabiskan kurang dari 16 jam untuk menonton YouTube.

Perlu digarisbawahi, dalam riset ini App Annie menghitung durasi waktu pengguna Android, belum termasuk iOS.

App Annie menganggap, kesuksesan aplikasi garapan ByteDance ini didorong oleh format video pendek, konten otentik, dan siaran langsung yang disajikan di dalam platform. 

Tak heran, bila YouTube juga kemudian mengadopsi format video pendek pada platformnya, yakni dengan merilis fitur YouTube Shorts.

Baca juga: Durasi Video TikTok Akan Diperpanjang Jadi 5 Menit?

Laporan App Annie memperlihatkan bahwa warganet di sana lebih doyan menonton TikTok daripada YouTube. App Annie via The Verge Laporan App Annie memperlihatkan bahwa warganet di sana lebih doyan menonton TikTok daripada YouTube.

YouTube masih unggul dalam hal "total"

Meski disalip TikTok dalam hal waktu yang dihabiskan tiap-tiap user, YouTube masih juara dalam hal total keseluruhan waktu yang habiskan oleh seluruh penggunanya.

Meski tak disebutkan secara spesifik berapa angkanya, kemungkinan durasi waktu yang habiskan oleh seluruh pengguna YouTube akan jauh lebih besar ketimbang yang diperoleh oleh TikTok.

Ini mengingat pengguna YouTube yang tercatat sudah mencapai 2 miliar pengguna. Sementara, menurut catatan BBC, TikTok saat ini memiliki total 700 juta pengguna global, tidak termasuk pengguna aplikasi Douyin alias TikTok versi China.

Jumlah pengguna YouTube yang banyak ini juga akhirnya membuat aplikasi video milik Google ini dinobatkan sebagai aplikasi nomor satu yang paling banyak ditonton oleh Android user secara keseluruhan, menurut data App Annie pada paruh pertama 2021.

Sementara TikTok menempati posisi kelima. Masih kalah dari Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com