BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Sudah Jadi Barang Wajib, Berikut Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan lewat Smartphone

Kompas.com - 08/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi bermain game menggunakan ponsel Oppo Reno6 Series 5G. Dok. Oppo IndonesiaIlustrasi bermain game menggunakan ponsel Oppo Reno6 Series 5G.

KOMPAS.com – Di era digital, smartphone menjadi barang yang wajib dimiliki banyak orang. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone telah menjelma menjadi perangkat dengan beragam kegunaan untuk menunjang kehidupan manusia sehari-hari.

Saking krusial, smartphone kini diperlakukan serupa dengan dompet. Seseorang akan panik dan rela putar balik ke rumah bila ponsel pintar kepunyaannya tertinggal.

Beberapa orang bahkan merasa lebih baik ketinggalan dompet daripada smartphone. Pasalnya, aplikasi dompet digital ataupun mobile banking pada ponsel pintar sudah bisa digunakan untuk beragam transaksi, mulai dari bayar ongkos transportasi, pembayaran di minimarket, hingga menarik uang di anjungan tunai mandiri (ATM).

Selain digunakan untuk bertransaksi, smartphone juga punya banyak fungsi yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari Anda. Berikut lima aktivitas daring seru yang bisa dilakukan lewat smartphone.

Bekerja

Selama masa pandemi Covid-19, banyak perusahaan, baik dalam skala besar maupun kecil, menerapkan kebijakan work from home (WFH). Selain laptop, beberapa profesi juga mengandalkan smartphone sebagai alat kerja. Misalnya, pemilik bisnis online shop.

Melansir careeralley.com, usaha kecil kini mendominasi industri ritel. Pelaku usaha kecil pun berpotensi menjalankan bisnis dan menyelesaikan transaksi dengan teknologi seluler yang murah.

Mereka sangat bergantung dengan smartphone untuk menjalankan usaha. Selain mengecek dan memproses pesanan, mereka menggunakan smartphone untuk mempromosikan dagangan melalui berbagai platform, seperti media sosial atau e-commerce.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan hanya pelaku usaha kecil, pekerja kantoran juga dapat menggunakan smartphone untuk mengecek email atau menyelesaikan beberapa pekerjaannya. Beberapa aplikasi penunjang pekerjaan juga dapat dipasang di ponsel pintar, seperti Microsoft Office dan Pandadoc.

Belajar

Smartphone dapat pula digunakan untuk belajar jarak jauh bagi siswa dan mahasiswa. Seperti diketahui, selama masa pandemi, proses belajar mengajar dilakukan secara virtual melalui platform konferensi video.

Selain melalui laptop, aktivitas tersebut bisa dilakukan lewat smartphone. Anda cukup memasang ponsel pada holder atau tripod dan pastikan frame layar menangkap gambar diri dengan sempurna.

Belajar online menggunakan smartphone tergolong lebih simpel dibandingkan memakai laptop atau komputer.

Karena kesimpelan itu, smartphone bisa pula digunakan untuk mengikuti kelas-kelas keterampilan secara online.

Saat ini, banyak platform online menawarkan kelas khusus sesuai dengan minat masyarakat. Mengikuti kelas digital marketing online, misalnya.

Dengan membayar biaya pendaftaran tertentu, masyarakat dapat mengikuti kelas dengan beberapa sesi yang diadakan secara daring. Smartphone dapat menjadi sarana belajar daring yang praktis.

Selain itu, smartphone juga bisa digunakan untuk belajar secara mandiri. Contohnya, bagi mereka yang memiliki hobi memasak, mereka dapat mengikuti video tutorial memasak di Youtube atau mengunduh aplikasi masak dengan banyak resep di dalamnya.

Ilustrasi membuat konten menggunakan Oppo Reno6 5G.Dok. Oppo Indonesia Ilustrasi membuat konten menggunakan Oppo Reno6 5G.

Menonton film

Smartphone juga dapat digunakan untuk mengakses hiburan. Menonton film salah satunya. Kini, banyak aplikasi streaming film dapat diunduh di smartphone.

Layanan tersebut menyediakan bermacam film. Masyarakat dapat memilih berbagai genre film yang ditawarkan, mulai dari drama, komedi, hingga horor.

Selain film, beberapa platform layanan streaming berbayar juga menawarkan siaran live music dan olahraga yang dapat disaksikan melalui smartphone.

Bermain game

Hiburan lain yang didapatkan melalui smartphone adalah bermain game online. Bermain mobile game dapat menjadi pelepas stres karena bisa juga menjadi sarana interaksi dengan teman.

Pasalnya, mobile game bisa dimainkan secara beregu. Main game bersama alias mabar akan menambah keseruan, sekalipun tidak dilakukan di dalam ruangan yang sama. Terlebih, beberapa game menyediakan fitur chat dan voice chat untuk berkomunikasi antarpemain.

Bila kamu dan teman-temanmu sudah jago, ikut saja kompetisi game. Untuk diketahui, beberapa nama game sudah dilombakan dalam turnamen e-sport, seperti Mobile Legend dan Free Fire.

Siapa tahu, dengan rajin bermain game dan ikut kompetisi, kamu bisa menjadi atlet e-sport profesional. Profesi ini dinilai punya prospek cerah seiring perkembangan mobile game.

Membuat konten

Ragam media sosial yang ada saat ini memungkinkan tiap orang untuk menjadi kreator konten. Platform media sosial juga menyediakan imbal hasil dari tayangan iklan yang disisipkan pada konten. Hal ini bisa menjadi sumber pendapatan baru.

Adapun pembuatan konten, baik foto maupun video, bisa dilakukan menggunakan smartphone. Hasil yang didapat pun tidak kalah berkualitas dengan jepretan dan rekaman kamera profesional.

Berbagai ide untuk konten pun bisa didapatkan dari mana saja. Langit senja dengan sinar matahari yang tengah tenggelam ditambah kata-kata mutiara dapat menjadi konten motivasi.

Pengguna juga dapat membuat konten review sebuah produk menggunakan smartphone. Pilih produk yang sesuai dengan minat dan kerap digunakan sehingga Anda bisa menilai produk dengan baik.

Itulah lima aktivitas daring yang dapat dilakukan lewat smartphone. Supaya kelima kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan maksimal, gunakan smartphone dengan spesifikasi mumpuni, seperti performa yang cepat, baterai yang tahan lama, dan fitur kamera canggih.

Salah satu smartphone yang memiliki spesifikasi tersebut adalah Oppo Reno6 Series 5G. Pada Agustus 2021, Oppo memperkenalkan dua smartphone, yaitu Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G yang menjadi pionir video potret dengan performa mumpuni.

Dukungan jaringan 5G yang ada pada kedua smartphone tersebut membuat aktivitas daring menjadi lebih lancar. Dengan latensi yang rendah, pengguna dapat bermain game tanpa delay, menonton video tanpa buffer, dan mengikuti kelas online tanpa gangguan.

Oppo Reno6 Series 5G didukung dengan dapur pacu yang mumpuni. Oppo Reno6 5G dibekali chipset MediaTek Dimensity 900 dengan kapasitas RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Sementara, Oppo Reno6 Pro 5G memiliki Snapdragon 870 5G dengan kapasitas RAM 12 GB dan ROM 256 GB. Dengan kapasitas tersebut, kedua ponsel pintar ini mampu memberikan kenyamanan dalam melakukan aktivitas daring.

Produsen brand smartphone internasional itu juga memahami bahwa daya tahan baterai menjadi bagian yang penting dalam penggunaan smartphone. Maka dari itu, baterai dengan daya 4.300 mAh 65W SuperVOOC 2.0 disematkan Oppo pada Reno6 5G. Dengan teknologi fast charging, mengisi daya 100 persen dari posisi kosong dilakukan dalam waktu 28 menit saja.

Oppo Reno6 Series 5G memiliki kamera yang mumpuni.Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno6 Series 5G memiliki kamera yang mumpuni.

Pada Oppo Reno6 Pro 5G, daya ponsel disokong baterai yang sedikit lebih besar dari saudaranya, yakni 4.500 mAh 65 W SuperVOOC 2.0. Pengguna hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

Fitur yang dapat mengoptimalkan daya juga dikembangkan oleh Oppo dalam series tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi daya dan memperpanjang masa pakai baterai secara keseluruhan.

Salah satu fiturnya adalah System Booster. Fitur ini berfungsi untuk memastikan ponsel beroperasi dengan lancar, baik untuk penggunaan jangka pendek maupun jangka panjang.
Bahkan, saat baterai hampir habis, pengguna dapat menggunakan Mode Super Hemat Daya atau Super Night time Standby. Dua mode tersebut dapat membantu mengurangi konsumsi daya melalui penyetelan CPU, penyesuaian lampu latar, dan kontrol penggunaan aplikasi.

Seperti diketahui, jaringan 5G belum tersebar dengan sempurna. Guna memberikan manfaat jaringan internet secara maksimal, Oppo Reno6 Series 5G dapat secara cerdas merencanakan transmisi 5G berdasarkan aplikasi yang berbeda.

Selain itu, dua ponsel pintar tersebut juga mampu mengurangi konsumsi daya sambil memastikan pengalaman jaringan 5G yang cepat dan stabil.

Bagi pengguna yang gemar fotografi atau videografi, Oppo Reno6 Series 5G memiliki kamera kreatif dengan fitur canggih yang dapat menunjang hobi tersebut.

Misalnya saja, Fitur Bokeh Flare Portrait Video pada kamera depan dan belakang Oppo Reno6 Series 5G. Dengan teknologi artificial intelligence (AI), efek cahaya bokeh pada bagian latar belakang akan membuat video yang diambil menjadi autosinematik.

Ada lagi fitur AI Highlight Video yang mampu menghasilkan video jernih dengan mempertahankan setiap detail tingkat pencahayaan. Pengguna pun dapat merekam video dalam lingkungan minim cahaya ataupun backlight. Hasilnya pun sempurna, tidak akan terlalu gelap atau terang.

Pengguna yang gemar mengedit foto juga dapat memanfaatkan fitur AI Palette yang ada pada Oppo Reno6 Series 5G. Menghasilkan foto dengan tone warna yang diinginkan pun menjadi suatu hal yang mudah dilakukan.

Oppo Reno6 Series 5G menawarkan performa mumpuni yang akan memberi kenyamanan, baik untuk aktivitas profesional maupun gaming di waktu senggang.Dok. Oppo Oppo Reno6 Series 5G menawarkan performa mumpuni yang akan memberi kenyamanan, baik untuk aktivitas profesional maupun gaming di waktu senggang.

Dengan berbagai fitur unggulan tersebut, Anda bisa membawa pulang Oppo Reno6 5G dengan harga Rp 7.999.000, sedangkan Oppo Reno6 Pro 5G Rp 10.999.000.

Kedua smartphone tersebut sudah tersedia di Oppo Gallery, Oppo Store, dan gerai partner smartphone. Selain itu, Anda juga dapat membeli Oppo Reno6 Series 5G melalui e-commerce, seperti Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno6 Series 5G, Anda dapat klik tautan berikut ini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.