Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur 14 September, Ini Fitur iPhone 13 yang Paling Ditunggu

Kompas.com - 08/09/2021, 16:37 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akan menggelar acara daring bertajuk "Apple Event" pada Selasa (14/9/2021) mendatang yang diyakini bakal menjadi panggung perkenalan lini iPhone 13, terdiri dari iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Bocoran spesifikasi, desain, dan fitur baru iPhone 13 sudah banyak beredar di dunia maya. Mulai dari poni yang lebih kecil, teknologi layar ProMotion 120 Hz, chip A15 Bionic, kapasitas baterai yang lebih besar, serta pemindai sidik jari Touch ID di bawah layar.

Baca juga: Apple Umumkan Tanggal Peluncuran iPhone 13

Kira-kira fitur apa yang paling ditunggu konsumen? Untuk menemukan jawabannya, situs marketplace dan perbandingan harga smartphone, Sell Cell, menyurvei lebih dari 3.000 pengguna iPhone berusia di atas 18 tahun di Amerika Serikat.

Hampir setengahnya (47 persen) mengatakan berminat meminang salah satu model iPhoone 13 saat sudah resmi dirilis nanti. Angka itu lebih tinggi 2,7 persen dibandingkan minat terhadap iPhone 12 dalam survei serupa yang dilakukan pada 2020.

ProMotion Display 120 Hz paling dinanti di iPhone 13

Dari hasil survei tersebut, ProMotion Display yang mendukung refresh rate 120 Hz dipilih oleh mayoritas Apple fanboy (22 persen) sebagai fitur yang paling ditunggu di iPhone 13.

Dari empat model iPhone 13 yang ada, konon hanya dua diantarnya yang bakal dibekali dengan fitur ProMotion display 120 Hz, yaitu iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max saja.

ProMotion display sendiri adalah salah fitur eksklusif yang tersedia di iPad Pro selama beberapa tahun belakangan Fitur ini memungkinkan layar bisa menyesuaikan refresh rate dengan kebutuhan perangkat secara otomatis guna menghemat daya.

Baca juga: Bukti Pengguna Android Tidak Berminat Ganti iPhone 13

Selama ini, lini iPhone biasanya hanya dibekali layar dengan refresh rate 60 Hz. Sebenarnya, tahun lalu, layar iPhone 12 Pro dan Pro Max juga disinyalir akan dibekali dengan teknologi ProMotion ini. Namun itu belum terjadi.

Jika benar iPhone 13 Pro dan Pro Max dibekali dengan ProMotion display 120 Hz, maka ini akan menjadikan keduanya sebagai lini iPhone pertama yang dibekali dengan layar berteknologi tersebut.

Deretan fitur-fitur yang paling dinanti oleh Apple fanboy di iPhone 13.Apple Insider Deretan fitur-fitur yang paling dinanti oleh Apple fanboy di iPhone 13.

Fitur lain yang ditunggu di iPhone 13

Lalu, di posisi kedua dan ketiga, fitur yang paling dinanti adalah fitur pemindai sidik jari Touch ID di bawah layar alias under display (18,2 persen) dan fitur always-on-display (16 persen).

Sebanyak 10,9 persen Apple fanboy yang disurvei juga menanti desain layar iPhone 13 yang disebut mengusung poni yang lebih kecil atau bahkan tanpa poni.

Sementara fitur seperti kapasitas baterai yang lebih besar dan peningkatan pada aspek kamera tercatat dinanti oleh 8,1 persen dan 6,6 persen Apple fanboy.

Gambar render iPhone 13 dengan poni yang lebih kecil.EverythingApplePro Gambar render iPhone 13 dengan poni yang lebih kecil.

Sedangkan, chip baru A15 Bionic yang disinyalir mampu menghemat energi dan meningkatkan performa ponsel, konektivitas WiFi 6E, dan desain tanpa port ternyata tak terlalu ditunggu-tunggu oleh para pemilik iPhone.

Dari 43,7 pemilik iPhone yang berencana beralih ke iPhone 13. mayoritas (38,2 persen) tertarik membeli iPhone 13 versi "reguler", 30,8 persen ingin membeli iPhone 13 Pro Max, dan 24 persen lainnya tertarik beralih ke iPhone 13 Pro.

Baca juga: Chip Masih Langka, Harga iPhone 13 Bakal Lebih Mahal?

Lalu, hanya ada 7 persen yang berminat untuk membeli iPhone 13 Mini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AppleInsider, Rabu (8/9/2021).

Selain lini iPhone 13 terbaru, Apple juga diyakini akan turut mengumumkan Apple Watch Series 7, mini iPad, hingga jadwal rilis resmi OS iOS 15 dan watchOS 8, dalam acara 14 September mendatang sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (8/9/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com