Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Gmail Dapat Fitur Voice dan Video Call

Kompas.com - 09/09/2021, 10:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Gmail kini bukan hanya sekadar aplikasi untuk berkirim e-mail saja.Dalam beberapa bulan terakhir, Google terus menambah  fitur di Gmail. Misalnya, mengintegrasikan layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Yang terbaru, Google mengumumkan hadirnya fitur voice dan video call one-on-one di aplikasi Gmail.

Baca juga: Ponsel Android Ini Tak Bisa Login Gmail, YouTube, dkk Setelah 27 September

Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung melakukan panggilan suara atau video ke pengguna Gmail lainnya langsung di aplikasi Gmail, tanpa harus masuk membuat meeting room di layanan Google Meet.

Sebelumnya, pengguna masih harus masuk ke menu Google Meet yang ada di Gmail untuk bisa melakukan panggilan video, kemudian membagikan link undangan meeting. Dengan fitur baru ini, nantinya pengguna akan bisa melakukan video dan voice call seperti di WhatsApp.

Tampilan voice dan video call di dalam aplikasi Gmail.Google Tampilan voice dan video call di dalam aplikasi Gmail.
Pengguna bakal dapat menemukan ikon "gagang telepon" untuk panggilan suara dan ikon "kamera" untuk panggilan video langsung di dalam chat perorangan di Gmail.

Ketika meng-klik salah satu ikon tersebut, pengguna akan dialihkan ke jendela Google Meet. Nantinya, orang yang dihubungi bisa langsung menerima panggilan pengguna dan menjawabnya.

Baca juga: Kirim E-mail di Gmail Bisa Dijadwalkan, Begini Caranya

Meski voice dan video call ini tetap berlangsung di dalam layanan Google Meet, pengguna tak perlu repot untuk membuka meeting room dan membagikan link bila ingin berkomunikasi dengan kolega, keluarga, atau teman secara pribadi (one-on-one).

Google mulai menyalurkan fitur baru ini kepada akun enterprise alias pengguna berbayar terlebih dahulu, dalam beberapa minggu mendatang.

Setelah itu, fitur baru video dan voice call ini akan mulai tersedia di aplikasi Gmail untuk pengguna gratis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Kamis (9/9/2021).

Gratiskan layanan Google Workspace

Belum lama ini, Google juga memutuskan untuk menggatiskan layanan Google Workspace. 

Google Workspace atau yang lebih dulu dikenal dengan nama Google G Suite, awalnya merupakan layanan berbayar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mendongkrak produktivitas. Kini, layanan ini juga bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna gratis.

Google Workspace mencakup sejumlah aplikasi besutan Google, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet.

Semua aplikasi yang ada di Google Workspace lebih terintegrasi dan terdapat fitur tambahan untuk mempermudah pengguna bekerja dengan kolega.

Baca juga: Layanan Google Workspace Digratiskan, Fitur Eksklusif Ini Bisa Dipakai Semua Pengguna

Contoh integrasi di sini adalah layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail. Menurut Google, hal tersebut adalah upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu pengguna.

Fitur Chat dan Rooms sendiri memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolega, memberikan penugasan, hingga membuat reminder di Google Calendar di dalam grup secara langsung.

Tak hanya itu, di fitur Chat dan Rooms ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dalam berbagai format. Mulai dari Docx, PDF, PNG, hingga dokumen dari layanan Google Workspace seperti Docs, Spreadsheet, Slides, Form, dan sebagainya.

Menariknya, ketika pengguna membagikan tautan dokumen Google Workspace tadi, pengguna bisa mengaksesnya langsung dari fitur Chat di Gmail versi web, tanpa perlu keluar dari Gmail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com