Diperbarui, Gmail Dapat Fitur Voice dan Video Call

Kompas.com - 09/09/2021, 10:35 WIB
Ilustrasi Gmail. TomsGuideIlustrasi Gmail.

KOMPAS.com - Gmail kini bukan hanya sekadar aplikasi untuk berkirim e-mail saja.Dalam beberapa bulan terakhir, Google terus menambah  fitur di Gmail. Misalnya, mengintegrasikan layanan Google Chat, Meets, dan Room yang dapat langsung diakses di menu Gmail.

Yang terbaru, Google mengumumkan hadirnya fitur voice dan video call one-on-one di aplikasi Gmail.

Baca juga: Ponsel Android Ini Tak Bisa Login Gmail, YouTube, dkk Setelah 27 September

Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung melakukan panggilan suara atau video ke pengguna Gmail lainnya langsung di aplikasi Gmail, tanpa harus masuk membuat meeting room di layanan Google Meet.

Sebelumnya, pengguna masih harus masuk ke menu Google Meet yang ada di Gmail untuk bisa melakukan panggilan video, kemudian membagikan link undangan meeting. Dengan fitur baru ini, nantinya pengguna akan bisa melakukan video dan voice call seperti di WhatsApp.

Tampilan voice dan video call di dalam aplikasi Gmail.Google Tampilan voice dan video call di dalam aplikasi Gmail.
Pengguna bakal dapat menemukan ikon "gagang telepon" untuk panggilan suara dan ikon "kamera" untuk panggilan video langsung di dalam chat perorangan di Gmail.

Ketika meng-klik salah satu ikon tersebut, pengguna akan dialihkan ke jendela Google Meet. Nantinya, orang yang dihubungi bisa langsung menerima panggilan pengguna dan menjawabnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kirim E-mail di Gmail Bisa Dijadwalkan, Begini Caranya

Meski voice dan video call ini tetap berlangsung di dalam layanan Google Meet, pengguna tak perlu repot untuk membuka meeting room dan membagikan link bila ingin berkomunikasi dengan kolega, keluarga, atau teman secara pribadi (one-on-one).

Google mulai menyalurkan fitur baru ini kepada akun enterprise alias pengguna berbayar terlebih dahulu, dalam beberapa minggu mendatang.

Setelah itu, fitur baru video dan voice call ini akan mulai tersedia di aplikasi Gmail untuk pengguna gratis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Kamis (9/9/2021).

Gratiskan layanan Google Workspace

Belum lama ini, Google juga memutuskan untuk menggatiskan layanan Google Workspace. 

Halaman:


Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.