Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone

Kompas.com - 09/09/2021, 11:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp baru-baru ini resmi merilis fitur Chat Migration alias transfer isi percakapan dari ponsel berbasis iOS (iPhone) ke Android. Fitur baru ini masih terbatas hanya ada di ponsel Samsung dengan OS Android 10 ke atas.

Untuk melengkapi fitur Chat Migration tersebut, WhatsApp disinyalir tengah mempersiapkan fitur yang sama, namun dengan arah sebaliknya, yakni dari ponsel Android ke iOS (iPhone).

Kabar ini terendus dari situs WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android Resmi, Samsung Kebagian Pertama

Dengan fitur Chat Migration, pengguna Android yang berencana beralih menggunakan ponsel buatan Apple akan bisa memindahkan riwayat chat, termasuk teks, foto, video, dan lainnya ke iPhone baru miliknya.

WhatsApp tengah mempersiapkan fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone.WABetaInfo WhatsApp tengah mempersiapkan fitur transfer chat WhatsApp dari Android ke iPhone.
Berdasarkan tangkapan layar yang disertakan WABetaInfo, fitur Chat Migration dari Android ke iPhone ini bisa diakses di jendela "Move chats to iOS".

Di jendela tersebut, ada dua opsi yang diberikan, yaitu "start" untuk memulai transfer chat history dan "cancel" untuk membatalkannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs WABetaInfo, Kamis (9/9/2021).

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut bagaimana prosedur lengkap untuk bisa memindahkan riwayat chat dari ponsel Android ke iPhone.

Untuk Chat Migration dari iPhone ke Android yang telah dirilis, WhatsApp mengklaim proses transfer data percakapan tidak melewati server WhatsApp, melainkan langsung antar-perangkat.

Baca juga: Cara Transfer Isi Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Karena itu, pengguna perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memindahkan chat dari iPhone ke ponsel Samsung.

Misalnya, memasang aplikasi Samsung Smart Switch, serta menyiapkan kabel adaptor USB C - Lightning untuk menghubungkan iPhone dengan Android Samsung.

Disindir Telegram

Kehadiran fitur migrasi chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android memang tergolong baru. Terkait hal ini, Telegram selaku pesaing WhatsApp, melontarkan sindiran soal fitur WhatsApp untuk transfer chat history dari iPhone (iOS) ke Android itu.

Meski baru hadir, Telegram menganggap fitur baru WhatsApp ini ketinggalan zaman. Sebab, Telegram sudah memiliki fitur serupa sejak beberapa tahun lalu melalui sinkronisasi cloud.

Sindiran Telegram dilontarkan lewat sebuah twit reply ke akun resmi WhatsApp. Isinya animasi GIF dari film Jumanji, dengan tokoh lama yang bertanya "What year is it?" setelah terlalu lama tersesat di hutan sehingga lupa tanggal.

Baca juga: Telegram Sindir Fitur Baru WhatsApp

Apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, arti dari kutipan film tersebut adalah "Ini tahun berapa?", mengisyaratkan bahwa fitur anyar WhatsApp tadi terlambat meluncur atau ketinggalan zaman.

Telegram memang sudah lama memiliki fitur transfer dari iOS ke Android dan sebaliknya. Awal tahun ini, Telegram meluncurkan fitur untuk memindahkan riwayat obrolan dari aplikasi chat lain seperti WhatsApp, Line, hingga KakaoTalk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com