iPhone 13 Belum Dirilis, Bocoran iPhone 14 Sudah Bikin Heboh

Kompas.com - 09/09/2021, 13:51 WIB
Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14. FrontPageTechTampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Apple tengah bersiap meluncurkan ponsel terbarunya, yang konon akan mengusung nama iPhone 13. Jajaran iPhone ini akan diperkenalkan pada 14 September mendatang dalam acara bertajuk "California Streaming".

Meski iPhone 13 belum diperkenalkan, rumor tentang iPhone 14 malah sudah muncul dunia maya.

Bahkan, informasi terkait iPhone 14 membuat heboh dan ramai dibicarakan di media sosial. Penyebabnya adalah mencuatnya bocoran gambar render 3D yang disebar oleh pembocor produk Apple kenamaan, Jon Prosser dari FrontPageTech.

Jon Prosser sendiri dikenal sebagai pembocor yang kerap akurat. Bahkan, berdasarkan situs web yang mendata keakuratan berbagai pembocor Apple AppleTrack.com, tingkat akurasi informasi yang diumbar Jon sendiri sejauh ini berkisar 74,3 persen.

Menurut Prosser, iPhone 14 akan memiliki sejumlah peningkatan desain yang dinanti pengguna, salah satunya adalah digantikannya poni (notch) lebar ikonik, yang sudah ada sejak iPhone X, dengan modul punch hole yang ditempatkan di tengah atas layar.

Hal ini sejalan dengan rumor yang dibagikan analis Apple Ming-Chi Kuo yang mengklaim bahwa iPhone yang dirilis pada 2022 mendatang, yakni iPhone 14, kemungkinan bakal mengusung modul punch hole.

Baca juga: Bocoran Lengkap iPhone 13, Harga, Spesifikasi, dan Tanggal Penjualan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tonjolan kamera hilang

Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.FrontPageTech Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.
Selain notch, tonjolan kamera di iPhone 14 juga disinyalir bakal hilang. Sebab, dimensi ketebalan ponsel disebut akan dibuat lebih tebal dari biasanya.

Lalu, modul kamera belakang, yang tampilannya sekilas mirip modul kamera iPhone 12 Pro, juga akan rata dengan cangkang ponsel dan akan dilapisi dengan pelindung kaca, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Peningkatan lainnya mencakup bingkai iPhone 14 yang dibuat dari material titanium untuk pertama kalinya. Kemudian tombol volume dibuat membulat seperti di iPhone 4/iPhone 5, serta lubang speaker dengan desain yang diperbarui.

iPhone 14 dikabarkan masih akan mengusung konektor Lightning, setidaknya untuk sejumlah model yang dirilis. Artinya, kemungkinan ada model iPhone 14 yang bisa saja memiliki konektor USB tipe-C.

Baca juga: Menerka Tanggal Rilis iPhone 13 di Indonesia Berikut Harganya

Jon menambahkan bahwa desain keseluruhan iPhone 14 kemungkinan besar bakal identik dengan pendahulunya. Desain bingkainya, misalnya, konon masih akan tetap flat seperti iPhone 12 Series.

Meski demikian, ia tak menampik bahwa desain ponsel ini kemungkinan bakal dirombak oleh Apple yang hingga saat ini belum mengumbar informasi apapun tentang sosok iPhone 13, apalagi iPhone 14.

Jon menambahkan, iPhone 14 sendiri kemungkinan bakal meluncur September tahun depan, sama seperti kebiasaan Apple sebelumnya yang menggunakan bulan itu untuk peluncuran iPhone, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Kamis (9/9/2021).



Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.