Fitur DJI Osmo Mobile 5 Bikin Videografer Pemula seperti Profesional

Kompas.com - 09/09/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi pengguna memakai DJI Osmo Mobile 5. DJIIlustrasi pengguna memakai DJI Osmo Mobile 5.

KOMPAS.com - Pabrikan drone dan aksesori gadget asal China, DJI resmi meluncurkan gimbal smartphone terbarunya, Osmo Mobile 5, di Indonesia.

Perangkat handheld stabilizer tersebut dijual dengan harga Rp 2,5 juta dan sudah bisa dipesan pada 8-23 September di toko resmi dan rekanan DJI, serta beragam toko naungan Erajaya Group, baik secara online maupun offline.

Dibanding pendahulunya (Osmo Mobile 4), Osmo Mobile 5 dibekali dengan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah ShotGuides yang diklaim perdana di dunia.

Baca juga: DJI Rilis Osmo Mobile 5, Gabungan Gimbal dan Tongsis untuk Ponsel

"ShotGuides merupakan fitur pertama di industri teknologi gimbal," klaim Head of DJI Product Management, Ericko Abraham, dalam konferensi pers virtual peluncuran DJI Osmo Mobile 5 di Indonesia, Kamis (9/9/2021).

Ericko menjelaskan, ShotGuides adalah fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan rekomendasi mode pemotretan atau perekaman video sesuai dengan lingkungannya, misalnya taman, pantai, perkotaan, dan lain sebagainya.

Lalu, pengguna akan ditampilkan dengan sejumlah video tutorial sebagai pemandu untuk mengambil objek yang hendak direkam, entah itu manusia, hewan peliharaan, lingkungan, dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi penggunaan fitur ShotGuides di DJI Osmo Mobile 5.DJI Ilustrasi penggunaan fitur ShotGuides di DJI Osmo Mobile 5.

Setelah itu, video tutorial yang dipilih akan disuguhkan di atas tampilan utama aplikasi kamera, sehingga sang perekam video bisa mengatur bagaimana seharusnya objek bergerak agar sesuai dengan contoh video.

Apabila sudah selesai merekam, maka pengguna bisa melihat hasil akhir video tersebut dan membandingkannya dengan video tutorial yang dipilih tadi.

Baca juga: Hey Guys Jadi Kalimat Pembuka yang Paling Sering Dipakai Vlogger di YouTube

Apabila sudah cocok, maka pengguna bisa mengedit video tersebut dengan beragam filter yang tersedia di ShotGuides, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Dengan adanya panduan perekaman gambar ini, Ericko mengklaim bahwa fitur tersebut akan bermanfaat bagi para pengguna dan videografer amatir yang gemar merekam video dalam kegiatan sehari-harinya.

Sehingga, pengguna DJI Osmo Mobile 5 bisa menciptakan sebuah konten video dengan gaya perekaman ala videografer profesional.

"ShotGuides sangat berguna sekali untuk para kreator konten pemula, karena fitur ini bisa secara otomatis mengedit hasil video yang sudah direkam dengan berbagai macam tema," pungkas Ericko. 

Baca juga: Cara Merekam Video Meeting Zoom di Komputer

Perlu dicatat, fitur ShotGuides hanya bisa diakses melalui aplikasi kamera DJI Mimo yang tersedia di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna cukup membuka mode perekaman video di aplikasi DJI Mimo dan membidikkan kamera ke suasana sekitar, atau memilih mode ShotGuides yang ada di dalam aplikasi tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.