Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2021, 19:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat anyar Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 ke pasar Indonesia. Ponsel lipat generasi ketiga itupun sudah bisa dibeli di Indonesia mulai 10 September.

Pengalaman baru melipat layar ponsel tentu menjadi daya tarik tersendiri. Akan tetapi bagaimana dengan tingkat ketahanannya?

Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, Samsung telah merancang Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 dengan tingkat ketahanan yang tinggi.

Baca juga: Dibanderol Rp 52 Juta, Samsung Z Fold3 dan Flip3 Thom Browne Ludes di Indonesia

"Selain dengan IPX8, Aluminium Armor, dan Gorilla Glass Victus, generasi baru ini sudah teruji 200.000 kali lipatan," kata Verry dalam sesi tanya jawab di acara peluncuran Galaxy Z Flip3 dan Galaxy Z Fold3 di Indonesia, yang disiarkan secara virtual, Kamis (9/9/2021).

Sebagai gambaran, angka 200.000 kali lipatan itu, jika pengguna membuka-tutup layar ponsel 100 kali sehari, maka layar Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 bisa digunakan hingga 5 tahun.

Sertifikasi IPX8 memungkinkan Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 lebih tahan terhadap air.
Fitur tersebut diklaim bisa melindungi perangkat jika terjatuh atau terendam air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 diklaim menjadi ponsel lipat pertama di dunia yang dibekali fitur kedap air.

Sementara itu, Aluminium Armor yang menjadi bahan dasar bingkai dan engsel duo ponsel lipat ini diklaim 10 persen lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Tidak ketinggalan, cangkang Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga dilapisi kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Corning Gorilla Glass 6.

Samsung belum membeberkan berapa biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan pada layar Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. Informasi tersebut juga belum tersedia di situs resmi Samsung di Indonesia.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android Hadir Perdana di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Sebagai gambaran, servis layar Galaxy Z Fold generasi pertama untuk layar utama dan layar luar masing-masing seharga Rp 8,6 jutaan dan Rp 1,4 jutaan. Sementara untuk Galaxy Z Fold 2, harga penggantian layar utama dibanderol Rp 7,9 jutaan dan Rp 1,4 jutaan untuk layar sekunder.

Untuk Galaxy Z Flip generasi pertama, servis layar utamanya menghabiskan biaya sebesar Rp 6,9 jutaan dan layar sekunder membutuhkan dana sekitar Rp 802.000.

Casing Galaxy Z Flip3 terbagi menjadi dua bagian untuk mengakomodir mekanisme lipatan ponsel ini.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Casing Galaxy Z Flip3 terbagi menjadi dua bagian untuk mengakomodir mekanisme lipatan ponsel ini.

Jaminan rasa aman

Verry mengatakan, demi menambah rasa aman, Samsung memberikan layanan proteksi Samsung Care+ selama satu tahun bagi konsumen yang melakukan pembelian Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 di masa pre-order.

Hal senada juga disampaikan Selvia Gofar, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronic Indonesia.

Baca juga: Berapa Harga Ganti Layar Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

"Dengan nilai perlindungan perbaikan Samsung Care+ hingga Rp 26.999.000 atau 1 kali dari harga pembelian HP, pengguna Galaxy Z Fold 3 5G tidak perlu khawatir lagi apabila ada kerusakan fatal seperti produk rusak, layar pecah, atau kerusakan lainnya saat penggunaan, baik disengaja maupun tidak disengaja," kata Selvia beberapa waktu lalu.

Jika mengalami kerusakan, pengguna Galaxy Foldable cukup menelepon ke hotline Samsung Care+ atau memasukkan permintaan perbaikan di tautan berikut ini.

Sebagai rangkaian perilisannya di Indonesia, Samsung akan menggelar acara khusus Consumer Launch yang akan mulai dihelat pada 15 September, di beberapa mal di Jakarta, yakni Kota Kasablanka dan Central Park.

Baca juga: Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold 3 Gratis Biaya Servis hingga Rp 27 Juta

Di Indonesia, Galaxy Z Fold3 dibanderol Rp 24.999.000 untuk varian memori RAM 12 GB/256 GB dan Rp 26.999.000 untuk varian RAM 12 GB/512 GB.

Sementara Galaxy Z Flip3 varian RAM 8 GB/128 GB dijual dengan harga Rp 14.999.000 dan untuk varian yang lebih tinggi yakni RAM 8GB/256 GB, dijual dengan harga Rp 15.999.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com