Tragedi 9/11 yang Mengubah Kokpit Pesawat Masa Kini

Kompas.com - 11/09/2021, 12:26 WIB
Ilustrasi pintu kokpit pesawat. YouTube.com/SuperChargeIlustrasi pintu kokpit pesawat.

KOMPAS.com - Pembajakan empat pesawat milik maskapai penerbangan asal AS pada 11 September 2001 silam, atau yang lebih dikenal Tragedi 9/11 (nine/eleven), memicu banyak perubahan di industri penerbangan, salah satunya adalah sistem kunci kokpit pesawat.

Agar tidak mudah dibajak, Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengeluarkan aturan bahwa seluruh maskapai penerbangan harus memasang standar pintu kokpit baru yang lebih kuat dan aman.

Menurut FAA, pintu kokpit tersebut sejatinya harus tahan terhadap gempuran peluru (bulletproof) dan berbagai ledakan dari luar, sepeti dari granat.

Peraturan tersebut pun harus dipatuhi oleh maskapai penerbangan AS selambat-lambatnya pada 9 April 2003, serta maskapai penerbangan internasional, melalui Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), setidaknya pada November 2003.

Lantas, bagaimana mekanisme pintu kokpit yang ada di pesawat masa kini?

Punya tiga mode penguncian pintu

Mode kontrol penguncian pintu kokpit pesawat.YouTube/SuperCharge Mode kontrol penguncian pintu kokpit pesawat.

Berdasarkan sebuah video YouTube yang memperlihatkan kokpit di pesawat Airbus, ada tiga mode penguncian pintu yang tersemat di kokpit, yaitu mode "Normal", "Unlocked", dan "Locked".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketiga mode penguncian ini lantas tersambung dengan touchpad yang bisa digunakan untuk memasukkan kode akses pintu kokpit dari luar.

Di mode Normal, pintu kokpit akan terkunci. Namun, mode ini mengizinkan siapa saja yang mengetahui kode pintu, seperti kru pesawat, masuk ke dalam kokpit, asalkan mereka tahu kode aksesnya. 

Setelah kode akses dimasukkan, si pembuka pintu ini memiliki waktu 30 detik untuk masuk ke dalam kokpit, sebelum pintu terkunci kembali.

Halaman:


Sumber CNN,BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.