Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengamankan Akun Free Fire agar Tidak Kena Hack

Kompas.com - 11/09/2021, 15:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, game dengan genre battle royale memang banyak diminati. Free Fire (FF) merupakan salah satu di antara banyak game battle royale yang populer dimainkan di wilayah Asia Tenggara.

Bahkan, tak sedikit dari pemain yang rela mengluarkan uang untuk membeli beragam item di dalam game, seperti skin hingga pet.

Pemain tentu akan sangat kesal apabila akun yang telah mereka rawat hilang begitu saja. Apalagi jika akun tersebut kena hack dan diambil alih oleh orang lain.

Kejadian seperti itu kerap terjadi, mengingat tingginya antusiasme gamer terhadap Free Fire, maka potensi adanya phising, maupun hacking juga semakin besar.

Agar akun pemain tidak mudah kena hack, Garena memang menyediakan fitur untuk mengamankan akun pengguna.

Nah, untuk mengetahui cara mengamankan akun Free Fire agar tidak mudah kena hack, silakan simak uraian berikut ini.

Baca juga: Advance Server Free Fire Kembali Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Bind akun FF ke Google, Facebook, Twitter, atau VK

Menu pengaturan yang dapat diakses pemain untuk menautkan akun Free Fire ke akun Facebook, Google, VK, atau Twitter.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Menu pengaturan yang dapat diakses pemain untuk menautkan akun Free Fire ke akun Facebook, Google, VK, atau Twitter.
Salah satu cara paling mudah untuk menjaga keamanan akun FF adalah dengan menautkan (bind) akun FF pengguna ke akun media sosial.

Tujuannya adalah agar akun milik pengguna tidak hilang ketika berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain.

Caranya, buka game Free Fire dan klik ikon pengaturan yang terletak di pojok kanan atas layar. Pada menu Basic, klik menu Account dan pilih salah satu di antara opsi Google, Facebook, Twitter, atau VK.

Selanjutnya, akun FF akan ditautkan secara otomatis. Pengguna juga dapat masuk (login) ke akun FF mereka menggunakan informas akun media sosial yang tadi sudah ditautkan.

Hindari web tak dikenal

Untuk mengurangi terjadinya potensi peretasan akun, pengguna disarankan untuk tidak mencantumkan informasi akun di situs yang mencurigakan atau tidak dikenal.

Pasalnya, ada potensi bahwa situs tersebut merupakan web phishing. Jika terpancing dan memasukkan informasi akun, maka akun tersebut dapat diambil alih oleh peretas.

Adapun informasi akun yang dimaksud berupa nickname, nomor User ID, alamat e-mail, hingga password akun.

Perlu diingat bahwa Garena hanya menyediakan dua situs resmi yang terdiri dari Free Fire Garena dan Rewards Free Fire.

Di luar dari situs tersebut, jangan mencoba-coba memasukkan informasi akun, terutama pada situs asing yang menjanjikan sejumlah hadiah.

Baca juga: Cara Top Up Diamond di Game Free Fire

Rahasiakan informasi akun dari pengguna lain

Usahakan untuk selalu menjaga informasi akun FF pribadi Anda dari pengguna lain. Dengan demikian, pengguna lain tidak dapat mencuri akun Anda.

Gunakan password rumit

Cara terakhir yang paling mudah adalah dengan menggunakan password yang rumit. Password yang digunakan bisa kombinasi angka, huruf besar dan kecil, serta karakter spesial. Dengan demikian, kemungkinan akun di-hack juga akan semakin kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com