Loose Change, Video Viral yang Menyebarkan Teori Konspirasi 9/11

Kompas.com - 12/09/2021, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Genap 20 tahun berlalu semenjak terjadinya serangan 11 September di Amerika Serikat. Selain masih menyisakan cerita duka dan trauma, serangan Nine Eleven ini juga masih awet diselimuti dengan beragam teori konspirasi.

Bukan hanya dari mulut-ke-mulut atau terbatas di forum internet, teori konspirasi serangan 9/11 turut dikumpulkan dalam serial film yang terdiri dari tujuh edisi, berjudul Loose Change.

Menariknya, edisi pertama Loose Change yang dirilis pada 2005 dan disutradarai oleh Dylan Avery beredar viral lewat internet sehingga mempopulerkan "gerakan kebenaran (truther) 9/11".

Baca juga: Tragedi 9/11 yang Mengubah Kokpit Pesawat Masa Kini

Truther  adalah sebutan untuk kelompok yang mencari penjelasan alternatif dari suatu hal (dalam hal ini serangan 9/11), sebab mereka percaya bahwa kebenaran terkait hal itu disembunyikan dari publik oleh konspirasi yang kuat.

Teori konspirasi dan klaim tak masuk akal

Edisi kelima serial dokumenter Loose Chang, berjudul Loose Change 9/11: An American Coup.wikipedia Edisi kelima serial dokumenter Loose Chang, berjudul Loose Change 9/11: An American Coup.
Selain viral dan memopulerkan gerakan 9/11 truther, edisi pertama "Loose Change" juga disebut-sebut menjadi contoh awal penyebaran disinformasi pertama yang masif berkat internet.}

Alasan utamanya ialah karena serial film bergaya dokumenter ini dibuat berdasarkan teori konspirasi yang berkembang populer.

Alih-alih fakta, serial Loose Change diangkat dari teori-teori yang sudah dibantah kebenarannya.

Serial ini, misalnya, menampilkan teori konspirasi yang menyebutkan bahwa pemerintah AS terlibat aktif dalam serangan 9/11.

Salah satunya adalah teori yang menyebut bahwa Pemerintahan George W. Bush yang berkuasa saat itu sudah tahu soal serangan 9/11, tetapi memilih untuk membiarkannya terjadi.

Orang-orang yang menonton Loose Change pun bisa terpikat dan  menjadi percaya dengan teori-teori konspirasi ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.