BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Menilik Penyempurnaan Teknologi Samsung Galaxy Z Flip3 Dibandingkan Generasi Sebelumnya

Kompas.com - 12/09/2021, 10:04 WIB
Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki cover screen lebih lebar dan dapat mengambil foto tanpa perlu membukanya. Dok. SamsungSamsung Galaxy Z Flip3 memiliki cover screen lebih lebar dan dapat mengambil foto tanpa perlu membukanya.

KOMPAS.com – Peluncuran Samsung Galaxy Z Flip3 pada Rabu (11/8/2021) masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta ponsel lipat atau foldable. Pasalnya, ponsel lipat ini memiliki sejumlah penyempurnaan teknologi dari pendahulunya, yakni Galaxy Z Flip.

Masih dengan konsep lipatan horizontal dari atas ke bawah seperti ponsel clamshell, Galaxy Z Flip3 memiliki desain yang sleek, compact, dan pocketable.

Namun, perbedaan yang mencolok dari generasi sebelumnya terlihat pada layar sekunder (cover screen). Jika sebelumnya Galaxy Z Flip memiliki layar sekunder seluas 1,1 inci dengan resolusi 300 x 112 piksel, Galaxy Z Flip3 memiliki layar sekunder Super Amoled 1,9 inci dengan resolusi 512 x 260 piksel.

Hal tersebut memungkinkan pengguna mendapatkan informasi lebih banyak tanpa harus membuka ponselnya.

Baca juga: Lebih Luas, Ini 4 Fungsi Layar Mini pada Samsung Galaxy Z Flip 3

Tak hanya notifikasi dari berbagai aplikasi, pengguna dapat memperbarui jadwalnya dan memeriksa cuaca melalui widget baru pada cover screen. Dari layar mini tersebut, pengguna juga dapat membuka halaman pengaturan untuk mengubah tingkat kecerahan layar dan volume dalam fitur Quick Setting.

Serunya lagi, pengguna dapat mengambil gambar, baik foto maupun video, melalui kamera utama tanpa harus membentangkan ponsel dengan fitur Quick Shot yang telah dikembangkan dari generasi sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya dengan menekan tombol daya sebanyak dua kali, pengguna dapat dengan cepat menangkap setiap momen. Selanjutnya, pengguna dapat melihat tampilan yang dihasilkan kamera ganda Galaxy Z Flip3 pada cover screen.

Bahkan, pengguna dapat dengan mudah beralih dari mode foto dan video dengan melakukan swipe ke samping, serta mengatur penggunaan lensa wide atau ultra wide dengan swipe ke atas atau bawah tanpa perlu membuka lipatan ponsel.

Tampilan lebih kokoh dengan dimensi ringkas dan tahan air

Samsung Galaxy Z Flip3 hadir dengan dimensi 72,2 x 86,4 x 17,1 milimeter (mm) dalam keadaan tertutup. Sementara, dalam keadaan terbuka, Galaxy Z Flip3 memiliki dimensi 72,2 x 166,0 x 6,9 mm, dengan bobot sekitar 183 gram.


Ukuran tersebut menjadikan Galaxy Z Flip3 lebih ringkas ketimbang Galaxy Z Flip generasi sebelumnya, baik keadaan terbuka maupun tertutup.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Ini Bedanya Samsung Galaxy Z Flip 3 dari Galaxy Z Flip

Meski mengusung dimensi lebih ringkas, Galaxy Z Flip3 tetap mengakomodasi Infinity Flex Display berukuran 6,7 inci pada layar utama yang telah mendapat pengembangan berkat kehadiran Dynamic AMOLED 2X dan 120 Hz adaptive refresh rate.

Dari segi tampilan, Galaxy Z Flip3 tampak lebih kokoh karena penggunaan bingkai dan engsel berbahan dasar Aluminium Armor. Samsung mengklaim bahwa material ini 10 persen lebih kuat dibandingkan bingkai dan engsel milik generasi sebelumnya.

Selain itu, Galaxy Z Flip3 juga sudah dilindungi kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6 pada Galaxy Z Flip.

Inovasi lain yang baru pertama kali digunakan Samsung pada seri ponsel lipat adalah ketahanan air dengan sertifikasi IPX8. Hal tersebut memungkinkan Galaxy Z Flip3 masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki empat varian warna.Dok. Samsung Samsung Galaxy Z Flip3 memiliki empat varian warna.

Didukung hardware mumpuni

Pada ponsel lipat teranyarnya, Samsung menyematkan chip Qualcomm Snapdragon 888 pada Galaxy Z Flip3. Dengan demikian, dapur pacu ponsel lipat generasi terbaru ini lebih bertenaga dibandingkan perangkat sebelumnya yang menggunakan Snapdragon 885 Plus.

Untuk kapasitas RAM, Galaxy Z Flip3 masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni 8 GB. Namun, pada Galaxy Z Flip3, Samsung menambahkan pilihan storage (UFS 3.1) menjadi 128 GB dan 256 GB.

Daya tahan baterai Galaxy Z Flip3 juga masih sama dengan Galaxy Z Flip yaitu 3.300 miliampere per hour (mAh). Perbedaannya hanya terlihat pada fitur pengisi daya fast charging.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Z Fold 3, Lebih Murah?

Galaxy Z Flip memiliki fitur fast charging 15 watt, sedangkan Galaxy Z Flip3 dilengkapi fast charging 25 watt dan fast wireless charging 11 watt. Hal ini membuat durasi pengisian baterai pada Galaxy Z Flip3 menjadi lebih cepat.

Dari sisi pilihan warna, Galaxy Z Flip3 tersedia dalam variasi warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Variasi tersebut lebih banyak dibandingkan Galaxy Z Flip yang hanya memiliki tiga varian warna.

Galaxy Z Flip3 juga dilengkapi dengan berbagai aksesori tambahan, seperti ring grips dan strap cases yang didesain lebih stylish. Aksesori tersebut tidak hanya memudahkan pengguna dalam menggenggam perangkat, tetapi juga menjadikan pengguna seorang trendsetter.

Aksesori tambahan yang digunakan pada Samsung Galaxy Z Flip3 membuat pengguna makin stylish. Dok. Samsung Aksesori tambahan yang digunakan pada Samsung Galaxy Z Flip3 membuat pengguna makin stylish.

Satu lagi keunggulan Galaxy Z Flip3 yang menarik pencinta ponsel lipat. Dengan berbagai fitur pembaruan yang ada, ponsel lipat ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Galaxy Z Flip.

Dengan pengalaman foldable terbarukan dan inovasinya, Galaxy Z Flip3 ditawarkan dengan harga Rp 14.999.000 untuk varian RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB.

Sementara itu, untuk varian RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB dibanderol dengan harga Rp 15.999.000.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Flip3, kunjungi www.samsung.com/id/.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.