Google Ketahuan Siapkan Android 12.1

Kompas.com - 12/09/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 CNETIlustrasi sistem operasi Android 12

KOMPAS.com - Pada Mei lalu, Google memperkenalkan Android 12 sebagai pembaruan sistem operasi mobile terbarunya. Versi beta finalnya pun sudah digulirkan dan akan segera menyusul Android 12 versi stable dalam waktu dekat.

Walapun versi stable masih belum resmi disebar, penerus Android 12 sudah ramai dibicarakan. Akan tetapi, bukan Android 13 yang dimaksud, melainkan pembaruan minor dari Android 12, yakni Android 12.1.

Versi tersebut kabarnya tengah disiapkan Google selaku pengembang Android. Android 12.1 kabarnya akan lebih dulu diluncurkan sebelum perilisan Android 13 tahun depan.

Android 12.1 disebut akan debut di Pixel 6 series yang kabarnya akan diperkenalkan tanggal 28 Oktober mendatang.

Penamaan Android menggunakan "titik" sudah pernah dilakukan Google. Sebelumnya, Google pernah merilis pembaruan Android Oreo 8.1 di tahun 2017 yang merupakan update minor dari Android Oreo 8.0.

Setelah itu, Google belum pernah lagi meluncurkan pembaruan minor dengan penamaan versi menggunakan titik. Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Minggu (12/9/2021), Google mengimbau para pengembang untuk memperbarui aplikasinya ke API level 31.

API tersebut merupakan framework API yang diberikan oleh Android 12. Untuk diketahui, Android 11 memiliki level API 30, sedangkan Android 10 memiliki level API 29.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak perilisan awal, setiap level API akan disertai nomor versi Android. Misalnya, level API 29 sesuai dengan Android 10.

Nah, rumor kehadiran Android 12.1 ini terendus oleh XDA Developer yang menemukan bukti di dalam Android Open Source Project (AOSP) berupa API level 32 sesuai Android 12 "sc-va", bukan sesuai dengan Android 13.

Mustinya, API level 32 sesuai dengan versi Android selanjutnya, yakni Android 13, sebab API level Android 12 yang ada saat ini adalah level 31. Inilah yang menjadi indikasi kehadiran Android 12.1.

Konon, kode "sc-va" adalah kode baru. Dalam kode baru itu, Google mengubah level API, di mana Native Developement Kit (NDK) API akan tersedia pertama kali dari level 32 ke 33.

Baca juga: 6 Fitur Baru yang Hadir di Android 12

Sekadar informasi, NDK adalah seperangkat tools yang memungkinkan pengembang menyematkan komponen yang menggunakan kode asli di aplikasi Android.

Namun indikasi itu masih bersifat dugaan. Mungkin, Google memang akan merilis pembaruan sementara di tengah-tengah perilisan antara Android 12 dan Android 13 dengan perubahan nomor versi yang bisa dilihat pengguna, yakni dengan Android 12.1.

Namun, bisa jadi bahwa API level baru tadi tidak disertai penomoran versi baru dan tidak menutup kemungkinan akan digunakan dalam bentuk lain.

Baca juga: Sejarah Google, Raksasa Mesin Pencari yang Hampir Dijual Murah



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.