Deretan Emoji Ini Sering Disalahartikan, Apa Makna Sebenarnya?

Kompas.com - 13/09/2021, 08:47 WIB
Emoji kalender di aplikasi WhatsApp versi Android. WhatsAppEmoji kalender di aplikasi WhatsApp versi Android.

KOMPAS.com - Penggunaan emoji dalam berkomunikasi menggunakan pesan instan sudah bukan lagi hal baru. Emoji dapat digunakan untuk mengungkapkan ekspresi pengirim, yang tidak bisa dilihat dalam teks.

Selain di aplikasi pesan instan, emoji juga seringkali digunakan di media sosial. Fungsinya tetap sama, yakni untuk melengkapi kalimat yang dituliskan.

Database Emojipedia mencatat, pada 2020 lalu ada sebanyak 3.136 jenis emoji yang kerap digunakan di media sosial dan chat. Pada 2021 ini jumlah emoji diprediksi akan naik menjadi sekitar 3.353.

Nah, dengan jumlah tersebut, ada banyak jenis emoji yang seringkali keliru diartikan.

Pada 2020, jumlah emoji tercatat ada 3.136 buah di database Emojipedia. Pada 2021 jumlahnya akan naik menjadi 3.353 karena ada 217 emoji baru yang akan diluncurkan.

Baca juga: Emoji Kalender iOS Selalu 17 Juli, Apa Maknanya?

Karena jumlahnya yang banyak dan bentuknya sangat beragam, tak jarang, para pengguna kerap menggunakan emoji untuk konteks yang kurang tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari pengamatan KompasTekno terhadap sebuah diskusi di situs tanya jawab Quora, misalnya, ada tujuh emoji yang sering disalahartikan. Berikut ini selengkapnya.

Emoji "tos" atau berdoa?

Macam-macam bentuk emoji folded hands untuk mengekspresikan tolong, berdoa, dan terima kasih.Emojipedia Macam-macam bentuk emoji folded hands untuk mengekspresikan tolong, berdoa, dan terima kasih.

Arti emoji telapak tangan menempel ini juga pernah menghebohkan ruang maya.

Sejumlah pengguna meyakini emoji ini untuk mengekspresikan dua orang sedang melakukan high five alias "tos".

Pengguna lainnya justru mengatakan bahwa emoji ini menunjukkan gestur berdoa atau permohonan maaf.

Di situs Quora, akun bernama Shaikh Anas Ashfaque berpendapat bahwa emoji ini adalah bentuk tangan terlipat untuk menunjukkan gestur berdoa dan mengucapkan terima kasih.

"Ini emoji tangannya terlipat, bukan tos. Alasannya, coba lihat di emoji itu. Kedua tangan memiliki ibu jari di sisi yang sama. Artinya, kedua tangannya tersebut adalah milik orang yang sama," tulis Ashfaque.

Setelah KompasTekno telusuri ke situs Emojipedia, ternyata emoji tangan terlipat memiliki nama folded hands.

Emoji dua tangan dilekatkan dengan rapat ini biasanya digunakan untuk mengekspresikan permohonan atau rasa terima kasih dalam budaya Jepang. Emoji ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan gestur berdoa.

Emoji bersiul atau mencium?

ilustrasi emoji kissing face.Emojipedia ilustrasi emoji kissing face.

Akun Quora bernama Himanshu Lokwal menjadi salah satu pengguna yang pertama kali memberikan jawabannya. Ia menceritakan salah satu insiden yang ia alami.

Seorang teman perempuannya pernah bermaksud mengirim emoji berisul kepada dirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.