Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi? Ini 5 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/09/2021, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki, apabila masyarakat ingin menikmati sarana publik, seperti melakukan perjalanan seluruh moda transportasi (darat, laut, udara), kereta api, atau berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Lewat aplikasi PeduliLindungi, masyarakat diminta menunjukkan sertifikat vaksin dan melakukan scan barcode untuk bisa mengunjungi tempat-tempat umum seperti mall, halte, maupun supermarket.

Aturan scan barcode tersebut sejatinya diperlukan sebagai filter, apakah pengunjung diizinkan untuk masuk suatu tempat atau tidak.

Baca juga: Mulai 14 September Masuk Supermarket Wajib Scan Barcode Pedulilindungi, Begini Caranya

Namun ada kalanya, aplikasi PeduliLindungi error dan tidak bisa digunakan, seperti tidak bisa scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa log in, hingga kesalahan data yang tercantum.

Untuk memperbaiki error di aplikasi peduliLinfungi, seperti tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, ada lima cara yang bisa dicoba.

Berikut adalah lima cara mengatasi error aplikasi PeduliLindungi, apabila tidak bisa scan barcode PeduliLindungi.

1. Pastikan koneksi internet stabil

Jika Anda tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, bisa jadi disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil, membuat proses pemindaian QR Code (scan QR) melalui aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan koneksi WiFi yang tersedia atau meminta tethering kepada teman.

2. Menutup aplikasi di background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem (background) ponsel, juga bisa membuat tidak bisa scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi.

Oleh sebab itu, sebelum Anda scan barcode PeduliLindungi, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.