Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Mirrorless "Retro" Nikon Z Fc Masuk Indonesia, Dijual Rp 14 Juta

Kompas.com - 14/09/2021, 06:34 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah pertama kali diperkenalkan pada akhir Juni lalu, Nikon Z fc kini resmi dijual di Indonesia. Produk ini adalah kamera mirrorless dengan ciri khas berupa desain retro ala SLR analog jadul.

Nikon Z fc sengaja dibuat agar mirip dengan kamera SLR FM2 dari Nikon, lengkap dengan kenop-kenop pengatur kecepatan rana serta ISO, leather-tone material, dan bodi yang ramping tanpa pegangan tangan atau handgrip.

Larry Handra, Direktur PT Alta Nikindo selaku distributor resmi produk-produk Nikon di Indonesia, mengatakan bahwa Nikon Z fc bukan hanya memiliki tampilan klasik, tapi juga dibekali teknologi canggih.

"Fotografi zaman sekarang tidak hanya didominasi para fotografer profesional, tapi, sudah berubah menjadi suatu kebutuhan dan gaya hidup dari anak-anak muda pencinta fotografi," ujar Larry dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Sony Alpha 1 Resmi Masuk Indonesia, Kamera Mirrorless Harga Rp 92 Juta

Tampak depan kamera mirrorless Nikon Z fcNikon Tampak depan kamera mirrorless Nikon Z fc
Z fc sendiri masuk dalam jajaran kamera mirrorless DX-format dari Nikon. Di dalamnya tertanam sensor APS-C 21 MP yang dipasangkan dengan chip pengolah gambar Expeed 6.

Tingkat sensitivitasnya ISO 100 hingga 51.200 (native) atau 204.800 (expanded).

Dengan titik hybrid autofocus sebanyak 200 buah yang mencakup 87 persen frame secara horizontal dan 85 persen secara vertikal, Nikon Z fc mampu menjepret burst shot hingga 11 gambar per detik (FPS).

Adapun kecepatan rana maksimumnya 1/4.000 detik, dengan angka minimum 30 detik.

Untuk membidik gambar, disediakan electronic viewfinder dengan magnifikasi 1,02x dan resolusi 2,36 MP, serta layar sentuh fully articulated TFT LCD 3 inci yang bisa ditekuk dan diputar hingga menghadap ke depan.

Baca juga: Tak Ada Lagi Kamera Nikon Buatan Jepang

Tampilan top plate kamera Z fc yang memiliki kenop pengatur kecepatan rana, ISO, dan exposure compensation, serta tampak belakang dengan layar sentuh 3 inci fully articulatedNikon Tampilan top plate kamera Z fc yang memiliki kenop pengatur kecepatan rana, ISO, dan exposure compensation, serta tampak belakang dengan layar sentuh 3 inci fully articulated
Media penyimpanan yang digunakan adalah kartu memori SD/SDHC/SDXC hingga standar kecepatan UHS-I. Koneksi ke perangkat lain dilakukan lewat port USB C, Wi-Fi 802.11ac, dan Bluetooth.

Kamera berbobot 445 gram (termasuk baterai) ini mampu merekam video 1080p hingga 120 FPS, serta 4K 3.840 x 2.160 hingga 30 FPS. Disediakan pula konektor mic port untuk menggunakan mikrofon eksternal.

Di Indonesia, Nikon Z fc dipasarkan dengan harga Rp 13.999.000 untuk versi body-only dan Rp 15.999.000 untuk versi kit dengan lensa Nikkor Z DX 16-50mm f/3.5-6.3.

Saat ini Nikon Z fc tersedia di Indonesia dalam varian warna klasik hitam-silver. Sebanyak 6 pilihan warna lainnya dijanjikan menyusul pada akhir 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com