Awas, Getaran Mesin Sepeda Motor Bisa Merusak Kamera iPhone

Kompas.com - 14/09/2021, 07:43 WIB
ilustrasi iPhone 6s CNETilustrasi iPhone 6s

KOMPAS.com - Pemilik iPhone yang gemar berkendara dengan sepeda motor sebaiknya jangan meletakkan perangkat tersebut di panel instrumen atau setang kemudi.

Sebab, getaran dari mesin sepeda motor bisa merusak sistem kamera iPhone, tepatnya mekanisme peredam goyangan (Optical Image Stabilizer) dan autofokus, sehingga kualitas gambar menurun. Hal itu diungkapkan oleh Apple dalam sebuah artikel di situs resminya.

Menurut Apple, meskipun dirancang agar memiliki ketahanan tinggi, sistem OIS dan closed-loop autofocus (AF) di kamera iPhone bisa mengalami kerusakan apabila mengalami getaran dalam frekuensi tertentu secara terus menurun.

Baca juga: Bocoran Lengkap iPhone 13, Harga, Spesifikasi, dan Tanggal Penjualan

"Spesifiknya, (getaran) yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berkinerja tinggi," tulis Apple dalam situsnya, seraya menyarankan pengguna iPhone agar tidak menaruh perangkatnya di tempat yang terhubung dengan chassis atau setang sepeda motor.

Getaran dimaksud pun bukan hanya yang berasal dari mesin sepeda motor "berkinerja tinggi" saja, tapi juga jenis lain yang lebih kecil dan umum, seperti skuter dan moped (motor bebek).

Meskipun getaran yang dihasilkan oleh sepeda motor jenis ini lebih kecil, Apple tetap menyarankan pemilik iPhone agar memakai semacam peredam apabila hendak memasang perangkatnya di kendaraan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mounting peredam getaran direkomendasikan untuk mengurangi risiko kerusakan sistem OIS dan AF iPhone Anda. Direkomendasikan juga untuk menghindari penggunaan rutin (memasang iPhone di sepeda motor) dalam jangka waktu lama," lanjut Apple.

Dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (14/9/2021), semua model iPhone mulai dari iPhone 7, termasuk iPhone 6 Plus dan iPhone 6s Plus, memiliki OIS dan/ atau sistem AF closed-loop sehingga berisiko mengalami kerusakan dari getaran mesin sepeda motor.

Baca juga: Apple Servis Gratis iPhone 12 yang Speakernya Bermasalah

Artikel penjelasan mengenai efek getaran mesin sepeda motor terhadap sistem OIS dan AF iPhone baru diunggah Apple pada tanggal 10 September pekan lalu.

Tak jelas kenapa Apple baru belakangan ini mengunggahnya. Namun, sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan penurunan kualitas kamera akibat getaran. Keluhan tersebut disampaikan di beberapa forum diskusi online dan sudah banyak dibicarakan beberapa tahun.

Sebelumnya, Apple juga pernah mewanti-wanti pengguna bahwa OIS dan closed-loop AF kamera iPhone bisa menurun kualitasnya akibat interfensi magnetik yang ditimbulkan dari aksesori.

Namun, kendala ini hanya ada di beberapa model iPhone saja dan bisa teratasi dengan mencopot aksesori. Berbeda dengan dampak yang ditimbulkan oleh getaran dari mesin sepeda motor yang bisa menimbulkan kerusakan permanen.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.