iOS 14.8 Meluncur, Pemilik iPhone Wajib Update agar Data Tak Diintip

Kompas.com - 14/09/2021, 11:24 WIB
ilustrasi iOS 14 cnet.comilustrasi iOS 14

KOMPAS.com - Apple kembali merilis pembaruan sistem operasi iOS 14.8. Update OS ini berfokus untuk menambal celah keamanan (bug) yang diyakini telah dieksploitasi untuk menanamkan perangkat lunak berbahaya, spyware Pegasus

Seluruh pengguna iPhone yang kompatibel diimbau untuk segera melakukan update ke OS versi terbaru ini.

Salah satu bug yang diperbaiki adalah pada sistem CoreGraphics (API untuk membuat objek grafis).

Baca juga: Ada Spyware Pegasus, Presiden Jokowi Diminta Tak Pakai WhatsApp

Hal ini diketahui dari laporan Citizen Lab kepada Apple pada 7 September lalu, yang menyebutkan ada kerentanan bernama "ForcedEntry" pada sistem CoreGraphics di iOS 14.6 yang dirilis pada Mei lalu.

Kerentanan ini, membuat pengguna menerima dan mengakses pesan teks berisi file berkedok GIF. Tapi sebenarnya, itu adalah file PDF atau PSD (file Adobe Photoshop) yang dicurigai sudah ditanami spyware Pegasus.

Atas laporan Citizen Lab ini, Apple kemudian menggelontorkan update iOS 14.8 untuk menambal bug pada sistem CoreGraphics tadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, iOS 14.8 juga memperbaiki celah keamanan pada WebKit (mesin rendering browser bawaannya) yang juga diyakini telah secara aktif dieksploitasi.

Baca juga: Apa Itu Spyware Pegasus dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Selain iOS 14.8, Apple turut merilis update iPadOS 14.8, macOS Big Sur 11.6, dan watchOS 7.6.2, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/9/2021).

Pengguna perangkat Apple yang kompatibel dengan update ini diimbau untuk segera melakukan pembaruan sistem operasi versi terbaru.

Apa itu Pegasus?

Ilustrasi Spyware Pegasus.Istimewa Ilustrasi Spyware Pegasus.
Pegasus sendiri adalah perangkat lunak berbahaya yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Israel, NSO Group. Spyware ini digunakan untuk memata-matai politisi, aktivis, jurnalis, hingga pemerintah di beberapa negara di dunia.

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.