Kominfo dan Gojek Gelar Edukasi serta Pelatihan Digital untuk UMKM

Kompas.com - 14/09/2021, 19:20 WIB
Ilustrasi transformasi digital THINKSTOCKS/OLIVIER LE MOALIlustrasi transformasi digital

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng  Gojek untuk mewujududkan akselerasi transformasi digital di Indonesia lewat edukasi pelaku Usaha Mikro dan Menengah (UMKM.

Kolaborasi itu ditandai dengan penandatanganan bersama nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tentang Percepatan Transformasi Digital melalui Edukasi dan Pelatihan UMKM serta Masyarakat Umum, hari ini, Selasa (14/9/2021).

Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, mengatakan pihaknya berharap nota kesepahaman ini dapat berkontribusi terhadap digitalisasi UMKM di Indonesia. "Serta pembentukan SDM digital yang resilent dan inovatif," ujar Mira di penandatanganan MoU.

Mira menambahkan bahwa ruang lingkup nota kesepahaman ini akan fokus pada pelatihan dan edukasi dalam rangka tata kelola keamanan digital, perlindungan data pribadi, dan peningkatan literasi digital.

Baca juga: Gojek Mulai Gelar Layanan GoCar untuk Tenaga Medis di Vietnam

Selain itu, Kemenkominfo dan Gojek juga akan melakukan pengembangan dan pendampingan dalam rangka digitalisasi UMKM, serta pelatihan kewirausahaan digital.

Kerja sama ini juga diharapkan bisa mendukung forum ekonomi digital, di mana Indonesia akan menyambut Presidensi G20 tahun 2022 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mira menambahkan, Kemenkominfo akan menjadi ketua untuk Digital Cconomi Working Group dalam forum internasional itu.

"Saya pikir salah satu isu yang kita angkat mengenai post recovery dari Covid-19, salah satunya adalah UMKM, saya pikir semuanya sangat nyambung. Jadi memang fokus kita ada di digital enterpreneurship," imbuhnya.

Tangkapan layar seremoni penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemenkominfo dan Gojek untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia.Kemenkominfo Tangkapan layar seremoni penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemenkominfo dan Gojek untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia.

CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan MoU ini akan memperkokoh komitmen Gojek terhadap agenda pemerintah dalam percepatan transformasi digital nasional, sejalan dengan rencana strategis Kominfo pada tahun 2020-2024 serta peta jalan Indonesia Digital tahun 2021-2024.

Kevin merinci tiga elemen utama dari kerja sama ini. Pertama adalah akselerasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) digital. Kedua, meningkatkan literasi digital masyarakat, dan terakhir adalah mempercepat transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
INFOKOMPUTER-ACADEMY
 Kuasai Lima Skill Ini Jika Ingin Sukses di Era Digital
Kuasai Lima Skill Ini Jika...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.