Sempat Ditutup, Program Centang Biru Twitter Sudah Dibuka Lagi

Kompas.com - 15/09/2021, 11:24 WIB
ilustrasi Twitter CNETilustrasi Twitter
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah ditutup selama kurang lebih satu bulan sejak Agustus lalu, program pengajuan verifikasi/centang biru akun Twitter kini kembali dibuka. Hal ini disampaikan oleh Twitter lewat akun resminya dengan handle @verified.

Membalas posting soal penutupan verifikasi akun pada 13 Agustus lalu, Twitter mengatakan bahwa proses pengajuan verifikasi ini akan dimulai secara bertahap. Artinya, untuk saat ini, belum semua pengguna  bisa mengajukan proses verifikasi akun

"Jika Anda berencana untuk mengajukan proses verifikasi akun dan belum memiliki akses untuk mengirimkannya, Anda bisa terus memantau menu pengaturan pada akun Anda," kicau Twitter, seperti dihimpun KompasTekno, Rabu (15/9/2021).

Twitter sebelumnya sempat menutup program centang biru selama bertahun-tahun sejak 2017. Program itu kembali dibuka pada Mei 2021, tapi hanya berjalan beberapa bulan sebelum kembali ditutup pada Agustus lalu.

Baca juga: 3 Bulan Dibuka, Pengajuan Centang Biru Twitter Kini Ditutup Lagi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak disebutkan apa alasan Twitter kembali membuka proses pengajuan verified account ini, setelah menutupnya selama satu bulan. Belum bisa dipastikan pula kapan seluruh pengguna Twitter bisa kembali mengajukan proses verifikasi akun.

Dalam sebuah balasan atas posting seorang pengguna, pihak Twitter menjelaskan bahwa penangguhan verifikasi akun dilakukan demi meningkatkan kriteria dan proses peninjauan akun yang hendak diverifikasi.

Alasan tersebut kurang lebih sama seperti penutupan pengajuan verifikasi akun Agustus lalu. "Kami menghentikan sementara waktu akses pengajuan verifikasi akun sehingga kami bisa melakukan peningkatan pada proses aplikasi dan peninjauan," tulis Twitter ketika itu.

Gara-gara akun palsu lolos verifikasi

Ilustrasi Twitter FleetsSHUTTERSTOCK Ilustrasi Twitter Fleets

Penyempurnaan sistem verifikasi akun Twitter ini sempat dihubungkan dengan kecerobohan Twitter pada Juli lalu yang meloloskan akun palsu.

Pada saat itu, Twitter mengakui mereka telah salah memberikan lencana centang biru untuk sebuah akun bohongan yang mengklaim sebagai novelis Cormac McCarthy. Sejumlah akun bot juga diketahui mendapat lencana centang biru.

Halaman:


Sumber Twitter
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.