Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Y21 Resmi di Indonesia dan Sudah Bisa Dipesan, Harganya?

Kompas.com - 15/09/2021, 17:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo resmi meluncurkan smartphone terbarunya dari keluarga Y-Series, yaitu Vivo Y21 di pasar Indonesia, Rabu (15/9/2021). Ponsel itu dihadirkan sebagai pelengkap Vivo Y21s yang sudh diperkenalkan lebih dulu pada 5 September lalu.

"Vivo Y21 kami hadirkan sebagai salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan spesifikasi smartphone yang mumpuni untuk aktivitas harian dan hadir dengan harga yang terjangkau," ujar Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (15/9/2021).

Di Tanah Air, ponsel tersebut dijual dengan harga Rp 2,4 juta dan rencananya bakal tersedia mulai 20 September mendatang di toko offline dan online rekanan Vivo di Indonesia. 

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y21s di Indonesia

Meski demikian, Vivo menggelar program Pre-Order eksklusif yang dibuka mulai hari ini dan akan berlangsung hingga 19 September mendatang di salah satu e-commerce di Indonesia.

Pada periode tersebut, konsumen yang memesan Vivo Y21 akan mendapatkan paket bundling Indosat dengan kuota hingga 138GB selama satu tahun hanya dengan mengisi pulsa Rp 40.000 per bulan.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan free gift berupa aksesori earphone Vivo XE-100, JOOX VIP Premium subscription selama 30 hari, serta promo cicilan 0 persen untuk biaya down payment (DP), bunga dan admin.

Punya fitur Extended RAM

Vivo Y21 varian warna Metallic Blue.Vivo Vivo Y21 varian warna Metallic Blue.

Meski menyasar segmen ponsel kelas menengah, Vivo Y21 dibekali dengan fitur yang hadir di ponsel flagship Vivo X60 Series, yaitu Extended RAM.

"Konsumen dapat menggunakan fitur Extended RAM pada smartphone ini yang biasanya terdapat pada smartphone kelas flagship untuk kelancaran berbagai aktivitas keseharian,” imbuh Product Manager Vivo Indonesia, Gilang Pamenan dalam keterangan yang sama.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan ponsel untuk "meminjam" sedikit ruang penyimpanan internal maksimal 1 GB, dan menyulapnya menjadi RAM ekstra untuk meringankan beban kerja ponsel.

Baca juga: Vivo Y21 Resmi Dirilis dengan Chip MediaTek Helio P35

Besar RAM di Vivo Y21 sendiri adalah 4 GB yang dikombinasikan dengan memori internal 64 GB (bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB). Sehingga, dengan adanya fitur Exteded RAM, kapasitas RAM bisa ditingkatkan menjadi 5 GB.

Spesifikasi Vivo Y21

Vivo Y21 varian warna Diamond Glow.Vivo Vivo Y21 varian warna Diamond Glow.

Secara spesifikasi, Vivo Y21 mengusung layar LCD 6,51 inci dengan resolusi HD Plus. Pada bagian atasnya, terdapat modul punch hole yang memmuat kamera selfie 8 MP (f/2.0).

Beralih ke bagian punggung, ponsel ini dibekali dengan dua kamera belakang, alih-alih tiga seperti Vivo Y21s, yang ditampung dalam modul persegi, terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Baca juga: Vivo Resmikan V1, Prosesor Kamera Buatan Sendiri

Kamera utama ini sendiri menjadi pembeda dengan Vivo Y21s yang dibekali dengan kamera utama 50 MP (f/1.8).

Untuk menunjang performanya, Vivo Y21 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35. Baterainya sendiri memiliki kapasitas yang cukup jumbo, yaitu 5.000 mAh, dan mendukung pengisian cepat berdaya 18W.

Pada aspek software, Vivo Y21 menjaankan sistem operasi (OS) Android 11 yang dipoles dengan tampilan antarmuka khas Vivo, Funtouch OS 11.1.

Di Indonesia, Vivo Y21 hadir dalam varian warna Metallic Blue dan Diamond Glow. Metallic Blue akan memberikan kesan mengilap layaknya kaca, sedangkan Diamond Glow akan memberikan nuansa mewah yang berkilau bak permata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com