Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Kompas.com - 15/09/2021, 20:23 WIB
Ilustrasi perangkat komputer. UnsplashIlustrasi perangkat komputer.

KOMPAS.com - Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari dari dua komponen utama, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Di antara kedua komponen tersebut, perangkat keras komputer atau hardware berperan penting sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem komputer.

Hal ini disebabkan karena pernagkat keras komputer memiliki bentuk fisik, sehingga dapat dioperasikan secara langsung oleh pengguna.

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware

Lantas apa saja perangkat keras komputer dan fungsinya? Perangkat keras komputer terbagi menjadi empat bagian, yang terdiri dari:

  • input
  • output
  • processing device

Masing-masing dari bagian tersebut memiliki tugas dan fungsinya tersendiri. Untuk mengetahui perangkat keras dan fungsinya masing-masing, simak uraian berikut ini.

Perangkat keras input pada komputer

Seperti namanya, hardware input memiliki peran untuk memasukkan perintah dan data ke dalam sebuah sistem komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data yang dimasukkan dapat berupa kode, gambar, suara, hingga video. Adapun jenis hardware input device adalah sebagai berikut:

Keyboard

Ilustrasi keyboard QWERTY.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi keyboard QWERTY.

Keyboard merupakan sebuah papan yang memuat beragam tombol huruf, angka, dan simbol. Berdasarkan fungsinya, keyboard digunakan untuk memasukkan data, mengetik, serta menjalankan proses input ke dalam komputer.

Baca juga: Bukan Huruf A, Ini Alasan Hard Disk Utama Komputer Selalu Huruf C

Keberadaan keyboard merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap perangkat komputer. Keyboard bahkan dapat ditemukan pada beragam perangkat elektronik lainnya, seperti di laptop, notebook, hingga chromebook.

Mouse

Ilustrasi mouse komputerist Ilustrasi mouse komputer

Selain keyboard, mouse adalah sebuah perangkat yang wajib dimiliki oleh perangkat komputer. Mouse digunakan untuk mengendalikan kursor yang terdapat di layar komputer.

Mouse dapat digunakan untuk menjalankan sejumlah perintah tertentu, seperti membuka, memilih, dan menutup sebuah program atau aplikasi.

Mouse umumnya dilengkapi dengan tiga buah tombol, yang terdiri dari tombol kiri, tombol kanan, serta tombol scroll.

Webcam

Ilustrasi webcam.PC Magazine Ilustrasi webcam.

Webcam atau web camera adalah sebuah kamera yang umumnya disematkan di bagian atas layar komputer. Layaknya kamera pada umumnya, webcam berfungsi untuk mengambil dan merekam sebuah gambar atau video.

Semenjak kebijakan work from home (wfh) dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) digaungkan, webcam semakin sering digunakan untuk mengikuti video conference yang berlangsung di Zoom dan Google Meet.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.