Xiaomi Ungkap Desain Kacamata Pintar Pertama, Apa Kecanggihannya?

Kompas.com - 16/09/2021, 06:44 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya berkutat di produk smartphone, Xiaomi bersiap melebarkan sayap dengan membuat perangkat IoT baru, yakni kacamata pintar.

Vendor asal China itu resmi memperkenalkan perangkat kacamata pintar pertama buatannya, Xiaomi Smart Glasses.

Secara tampilan, desain yang diusung Xiaomi Smart Glasses ini tidak jauh berbeda dengan model kacamata hitam pada umumnya.

Baca juga: Kacamata Facebook Ray-Ban Stories Muncul di Markeplace Indonesia

Kacamata pintar dengan bobot 51 gram ini mampu menampilkan pesan dan pemberitahuan dari ponsel Android, melakukan panggilan telepon, menavigasi, mengambil foto, hingga menerjemahkan teks tepat di depan mata.

Xiaomi membekali kacamata pintar ini dengan teknologi MicroLED Imaging untuk menyesuaikan struktur ruang maupun ukuran kacamata, termasuk bobot dari perangkat itu sendiri.

Xiaomi Smart Glasses memiliki chip display yang ukurannya hanya 2,4 x 2,02 milimeter. Dukungan layar monokrom di Xiaomi Smart Glasses diklaim mampu menampilkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits.

Xiaomi Smart GlassesXiaomi Indonesia Xiaomi Smart Glasses

Berkat desain struktur mikroskopik yang terukir di permukaan bagian dalam lensa, cahaya yang masuk dapat dibiaskan sehingga mata bisa melihat gambar secara utuh dan aman.

Xiaomi Smart Glasses dibekali fitur Asisten XiaoAI yang berfungsi untuk memprioritaskan notifikasi penting, sehingga pengguna tidak merasa terganggu dengan pemberitahuan lain yang masuk.

Notifikasi penting yang dimaksud misalnya dari smart home alarm, aplikasi kantor, pesan masuk dari kontak tertentu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Zuckerberg Ramal Kacamata Pintar Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (16/9/2021), kacamata pintar ini memiliki mikrofon dan speaker ganda (built-in) yang membantu pengguna saat menerima panggilan.

Pada bagian depan lensa, terdapat kamera 5 MP yang berfungsi untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung (real-time).

Hardware yang dibawa Xiaomi Smart Glasses di antaranya yaitu prosesor ARM quad-core, baterai, panel sentuh (touch pad), fitur Wi-Fi dan Bluetooth, dan dukungan sistem operasi (OS) Android.

Kendati demikian, Xiaomi Smart Glasses ini sementara masih dalam bentuk konsep. Xiaomi belum mengumumkan kapan produk ini akan diluncurkan, berikut harga dan ketersediaannya di pasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.