Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Search Desktop Punya Mode Gelap, Begini Cara Mengaktifkannya

Kompas.com - 16/09/2021, 07:48 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google menguji coba mode gelap (dark mode) untuk laman Google Search versi desktop ke sejumlah pengguna. Setelah diuji coba, mode gelap Goolge Search akhirnya resmi digulirkan.

Pengguna yang belum mengaktifkan mode gelap akan mendapat pop up notifikasi di sisi atas laman pencarian. Jika ingin langsung menjajalnya, pengguna bisa mengaktifkan dengan mengetuk tombol "Turn on" atau "nyalakan".

Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bikin Ganti Background Lebih Cepat

Namun, jika ingin mengaktifkannya di lain waktu, cukup klik tombol "No thanks" (tidak terima kasih). Meskipun ditunda, mode gelap Google Search tetap bisa diaktifka secara manual. Cara mengaktifkan mode gelap di Google Search versi desktop adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu "Settings" (pengaturan) di laman Google.com, biasanya dilambangkan ikon gerigi yang terletak di sisi kanan atas atau kanan bawah layar.
  2. Lihat opsi paling bawah, terdapat pilihan "Dark theme: off" (mode gelap mati).
  3. Klik opsi tersebut, untuk mengaktifkan mode gelap.

Cara mengaktifkan mode gelap di Google Search versi desktop.Ist Cara mengaktifkan mode gelap di Google Search versi desktop.

Mode gelap akan aktif sekalipun Anda log in di perangkat desktop berbeda, asalkan dengan akun yang sama. Warna gelap akan melatari laman utama pencarian, hasil pencarian, pengaturan pencarian, dan sebagainya.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (16/9/2021), Google mengklaim fitur ini menjadi salah satu yang paling banyak diminta pengguna. Biasanya, pengguna mengakali mode gelap yang sebelumnya absen dengan menambah ekstensi tema di peramban.

Google menjanjikan mode gelap akan merata ke seluruh laman pencarian Google ke seluruh pengguna sesegera mungkin.

Baca juga: Google Ketahuan Siapkan Android 12.1

Perlu diingat, mode gelap ini tidak akan tersinkronisasi ke aplikasi mobile. Kabarnya, Google sedang menguji coba mode gelap untuk versi mobile secara terpisah. Selama ini, mode gelap di aplikasi Google Search versi mobile akan mengikuti pengaturan sistem Android.

Seperti yang diumumkan Google tahun lalu, mode gelap di aplikasi Google akan aktif secara default dengan pengaturan sistem Android atau iOS. Fitur itu baru berlaku untuk Android 10 dan setelahnya, serta iOS 12 dan setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com