Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Kodak, Oppo Bikin Find X3 Pro Photographer Edition

Kompas.com - 16/09/2021, 12:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Oppo mengikuti jejak vendor ponsel lain, seperti Nokia, Vivo, dan Huawei, dengan menjalin kemitraan dengan pabrikan kamera terkenal.

Jika Nokia dan Vivo bekerja sama dengan Zeiss, sementara Huawei dengan Leica, maka kini Oppo menggandeng Kodak.

Lewat kerja sama dengan Kodak, Oppo memperkenalkan seri ponsel Find X3 Pro edisi khusus, yang terinspirasi dari kamera klasik Kodak 35 Rangefinder keluaran 1983. Ponsel tersebut dinamai Oppo Find X3 Pro Photographer Edition.

Dalam sebuah poster, ponsel Find X3 Pro edisi khusus ini baru akan dirilis pada acara yang digelar Oppo hari ini, Kamis (16/9/2021) di China.

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Find X3 Pro 5G, Flagship Rp 16 Juta dari Oppo

Meski harga dan ketersediaannya belum diumumkan, poster itu sudah menunjukkan tampang dari Oppo Find X3 Pro Photographer Edition.

Dari segi desain, ponsel hasil kolaborasi dengan Kodak ini tidak membawa perubahan yang signifikan, bila dibandingkan dengan Oppo Find X3 Pro yang dirilis pada Maret lalu.

Perubahan paling kentara hanya terlihat dari aspek warna yang diusung oleh ponsel Oppo Find X3 Pro Photographer Edition. Karena terinspirasi dari kamera Kodak 35 Rangefinder, ponsel ini juga memiliki nuansa warna yang identik, yaitu perak matte dan hitam.

Oppo dan Kodak hadirkan Find X3 Pro Photographer Edition.dpreview Oppo dan Kodak hadirkan Find X3 Pro Photographer Edition.
Warna perak matte ini menghiasi kira-kira sepertiga dari bagian atas punggung ponsel. Sementara warna hitam yang berasal dari material kulit itu menutupi kira-kira duapertiga sisanya.

Kombinasi kedua warna ini membuat Oppo Find X3 Pro Photographer Edition mirip dengan kamera Kodak 35 Rangefinder.

Selain itu, Oppo Find X3 Pro Photographer Edition memiliki kotak kemasan yang berbentuk oval dengan kombinasi warna perak dan hitam yang sama.

Sekilas, kotak kemasan ponsel ini mirip dengan bodi dari kamera Kodak 35 Rangefinder.

Kamera klasik Kodak 35 Rangefinder.Weibo/Digital Chat Station Kamera klasik Kodak 35 Rangefinder.
Spesifikasi Oppo Find X3 Pro Photographer Edition

Sementara dari segi spesifikasi, ponsel edisi khusus ini agaknya masih memiliki spesifikasi yang sama dengan Oppo Find X3 Pro sebelumnya.

Misalnya, mengusung layar jenis OLED seluas 6,7 inci dengan resolusi QHD Plus (3216 x 1440). Layar ini juga didukung HDR 10+ dan refresh rate 120 Hz. Selain itu, layar tersebut juga mengantongi sertifikat IP68 untuk melindunginya dari air dan debu.

Di dalam layar tertanam sensor pemindai sidik jari (under display fingerprint) untuk sistem keamanan perangkat. Di sudut kiri atas terdapat lubang kamera depan beresolusi 32 MP (f/2.4). Kamera depan ini memiliki jangkauan fokal lebar 26 mm.

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo September 2021

Ponsel Find X3 Pro edisi khusus juga masih memiliki empat kamera belakang, dengan konfigurasi kamera wide 50 MP (f/1.8) dan ultrawide 50 MP (f/2.2) yang sama-sama mengandalkan sensor Sony IMX766.

Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com