Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Invalid Signature PeduliLindungi, Begini Cara Atasinya

Kompas.com - 16/09/2021, 14:05 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerapan aplikasi PeduliLindungi kini berlaku untuk seluruh moda transportasi (darat, laut, udara) maupun akses fasilitas publik.

Lewat aplikasi PeduliLindungi, masyarakat diminta menunjukkan sertifikat vaksin dan melakukan scan barcode untuk bisa mengunjungi tempat-tempat umum seperti mal, halte, atau supermarket.

Meski begitu, belakangan, aplikasi PeduliLindungi seringkali mengalami gangguan Invalid Signature. Gangguan Invalid Signature Pedulilindungi ini mengakibatkan pengguna tidak bisa Log In dan sebagainya.

Baca juga: Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi? Ini 5 Cara Mengatasinya

Invalid Signature PeduliLindungi adalah masalah yang berasal dari sistem internal aplikasi. Artinya, gangguan tersebut bukan disebabkan oleh pengguna aplikasi, dalam hal ini si pemilik akun.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah Invalid Signature, ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Berikut adalah tiga cara mengatasi Invalid Signature aplikasi PeduliLindungi.

1. Install ulang aplikasi

Cara pertama mengatasi Invalid Signature PeduliLindungi, yang bisa Anda lakukan yaitu meng-install ulang aplikasi PeduliLindungi.

Untuk meng-install ulang aplikasi, buka Google Play Store (Android) atau App Store (iOS), kemudian ketik "PeduliLindungi" di kolom pencarian (Search), lalu klik tombol "Uninstall" untuk mencopot pemasangan.

Tunggu beberapa detik hingga proses "Uninstall" selesai. Setelah itu, download kembali aplikasi PeduliLindungi dengan cara menekan tombol "Install" pada menu yang tersedia.

Secara otomatis, aplikasi PeduliLindungi yang terpasang di ponsel Anda sudah diperbarui ke versi terkini. Anda bisa langsung melakukan Log In seperti semula.

2. Bersihkan data cache aplikasi

Cara selanjutnya mengatasi Invalid Signature PeduliLindungi, yang bisa Anda lakukan adalah menghapus data cache aplikasi PeduliLindungi.

Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di Ponsel Android agar Tidak Lemot

Semakin sering digunakan, data cache otomatis akan semakin menumpuk. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab, mengapa aplikasi PeduliLindungi sering error.

Untuk menghapus data cache, Anda bisa mengunjungi menu pengaturan ponsel (Settings), lalu pilih menu aplikasi (Apps). Setelah itu, cari aplikasi PeduliLindungi, lalu pilih opsi "Storage", kemudian klik tombol "Clear Cache" pada menu yang tersedia.

Tak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi, seperti data Log In, dan sebagainya tidak akan terhapus.

3. Kunjungi situs web resmi

Apabila dua cara di atas tidak bisa mengatasi Invalid Signature PeduliLindungi, Anda bisa melakukan Log In melalui situs web PeduliLindungi di tautan berikut ini.

Caranya, buka aplikasi browser (Google Chrome/Google Search) melalui smartphone Anda (Android/iOS). Setelah itu ketik "https://www.pedulilindungi.id/". Tunggu beberapa detik hingga situs web muncul.

Jika sudah, Anda bisa langsung melakukan Log In untuk melihat sertifikat vaksin, jadwal vaksinasi, atau data pribadi Anda.

Demikian cara mengatasi Invalid Signature aplikasi PeduliLindungi. Semoga membantu!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com