Cara Mengamankan Akun Mobile Legends agar Tidak Di-hack

Kompas.com - 16/09/2021, 14:35 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun game Mobile Legends agar tidak di-hack alias dibajak, salah satunya adalah mengamankan akun (Moonton, Facebook, Gmail) dengan kata sandi, alias password yang sulit ditebak.

Namun, password saja belum tentu efektif melindungi. Supaya lebih aman, perlu ada perlindungan ekstra agar akun tak bisa diambil alih hanya dengan membobol kata kunci. 

Baca juga: Cara Top Up Diamond Mobile Legends

Nah, game Mobile Legends memiliki dua fitur keamanan yang bisa dipakai untuk keperluan ini, yaitu Secondary Verification dan New Device Secondary Verification. Keduanya bisa digunakan secara bersamaan, caranya sebagai berikut.

Cara mengaktifkan PIN Secondary Verification di Mobile Legends

Secondary Verification merupakan fitur yang akan melindungi akun dengan enam nomor PIN yang ditentukan pengguna. Nomor PIN ini lantas akan diminta ketika suatu akun memberikan hadiah skin, hero, hingga item di dalam game lainnya ke akun lain.

Selain itu, nomor PIN juga harus dimasukkan ketika pengguna menghubungkan akun Mobile Legends mereka dengan akun lain, misalnya Moonton, Gmail, dan Facebook. Cara mengaktifkan fitur ini terbilang cukup mudah.

  • Pertama-tama, klik avatar profil pengguna yang berada di pojok kiri atas tampilan lobby utama Mobile Legends.
  • Lalu, pilih menu "Account" dan centang kotak "Secondary Verification" yang ditunjukkan oleh tanda panah merah di ilustrasi gambar di bawah.
  • Klik tombol "Okay" di tampilan selanjutnya dan masukkan enam digit nomor PIN yang mudah diingat, tetapi tidak berurutan.
  • Terakhir, klik tombol "Okay" dan akun pun sudah dilindungi dengan Secondary Verification.
  • Untuk memastikan fitur ini sudah aktif, pengguna akan melihat ikon centang di kotak Secondary Verification.

Cara mengaktifkan fitur Secondary Verification di Mobile Legends.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengaktifkan fitur Secondary Verification di Mobile Legends.

Cara mengaktifkan New Device Secondary Verification di Mobile Legends

Fitur keamanan New Device Secondary Verification sebenarnya nyaris identik dengan Secondary Verification. Hanya saja, fitur ini mengharuskan pengguna menghubungkan alamat e-mail yang nantinya bakal dikirimkan enam digit kode verifikasi.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-5, Mobile Legends Bagi-bagi Hero dan Skin Gratis

Kode yang dikirimkan ke e-mail tersebut lantas akan diminta ketika pengguna masuk (login) menggunakan akun Mobile Legends di perangkat baru. Langkah-langkah mengaktifkannya adalah:

  • Klik avatar profil yang berada di pojok kiri atas tampilan lobby utama Mobile Legends.
  • Lalu, pilih menu "Account" dan centang kotak "New Device Secondary Verification" yang ditunjukkan oleh tanda panah merah pada ilustrasi gambar di bawah.
  • Di tampilan selanjutnya, klik tombol "Okay" dan klik tombol "Send Verification Code".
  • Kemudian, buka kotak masuk di e-mail dan masukkan enam digit kode verifikasi yang dikirimkan Moonton.
  • Terakhir, klik tombol "Next" untuk menyelesaikan proses pengamanan akun menggunakan fitur New Device Secondary Verification.
  • Untuk memastikan fitur ini sudah aktif, pengguna akan melihat ikon centang di kotak New Device Secondary Verification.

Cara mengaktifkan fitur New Device Secondary Verification di Mobile Legends.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengaktifkan fitur New Device Secondary Verification di Mobile Legends.

Cara menghubungkan akun Mobile Legends dan akun Moonton

Selain melalui kedua fitur tadi, satu langkah keamanan yang penting adalah menyambungkan (bind) akun Mobile Legends ke akun Moonton. Pasalnya, akun Moonton bisa dibilang merupakan kunci untuk menyimpan seluruh progres game Mobile Legends yang dimainkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.