Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengamankan Akun Mobile Legends agar Tidak Di-hack

Kompas.com - 16/09/2021, 14:35 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan akun game Mobile Legends agar tidak di-hack alias dibajak, salah satunya adalah mengamankan akun (Moonton, Facebook, Gmail) dengan kata sandi, alias password yang sulit ditebak.

Namun, password saja belum tentu efektif melindungi. Supaya lebih aman, perlu ada perlindungan ekstra agar akun tak bisa diambil alih hanya dengan membobol kata kunci. 

Baca juga: Cara Top Up Diamond Mobile Legends

Nah, game Mobile Legends memiliki dua fitur keamanan yang bisa dipakai untuk keperluan ini, yaitu Secondary Verification dan New Device Secondary Verification. Keduanya bisa digunakan secara bersamaan, caranya sebagai berikut.

Cara mengaktifkan PIN Secondary Verification di Mobile Legends

Secondary Verification merupakan fitur yang akan melindungi akun dengan enam nomor PIN yang ditentukan pengguna. Nomor PIN ini lantas akan diminta ketika suatu akun memberikan hadiah skin, hero, hingga item di dalam game lainnya ke akun lain.

Selain itu, nomor PIN juga harus dimasukkan ketika pengguna menghubungkan akun Mobile Legends mereka dengan akun lain, misalnya Moonton, Gmail, dan Facebook. Cara mengaktifkan fitur ini terbilang cukup mudah.

  • Pertama-tama, klik avatar profil pengguna yang berada di pojok kiri atas tampilan lobby utama Mobile Legends.
  • Lalu, pilih menu "Account" dan centang kotak "Secondary Verification" yang ditunjukkan oleh tanda panah merah di ilustrasi gambar di bawah.
  • Klik tombol "Okay" di tampilan selanjutnya dan masukkan enam digit nomor PIN yang mudah diingat, tetapi tidak berurutan.
  • Terakhir, klik tombol "Okay" dan akun pun sudah dilindungi dengan Secondary Verification.
  • Untuk memastikan fitur ini sudah aktif, pengguna akan melihat ikon centang di kotak Secondary Verification.

Cara mengaktifkan fitur Secondary Verification di Mobile Legends.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengaktifkan fitur Secondary Verification di Mobile Legends.

Cara mengaktifkan New Device Secondary Verification di Mobile Legends

Fitur keamanan New Device Secondary Verification sebenarnya nyaris identik dengan Secondary Verification. Hanya saja, fitur ini mengharuskan pengguna menghubungkan alamat e-mail yang nantinya bakal dikirimkan enam digit kode verifikasi.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-5, Mobile Legends Bagi-bagi Hero dan Skin Gratis

Kode yang dikirimkan ke e-mail tersebut lantas akan diminta ketika pengguna masuk (login) menggunakan akun Mobile Legends di perangkat baru. Langkah-langkah mengaktifkannya adalah:

  • Klik avatar profil yang berada di pojok kiri atas tampilan lobby utama Mobile Legends.
  • Lalu, pilih menu "Account" dan centang kotak "New Device Secondary Verification" yang ditunjukkan oleh tanda panah merah pada ilustrasi gambar di bawah.
  • Di tampilan selanjutnya, klik tombol "Okay" dan klik tombol "Send Verification Code".
  • Kemudian, buka kotak masuk di e-mail dan masukkan enam digit kode verifikasi yang dikirimkan Moonton.
  • Terakhir, klik tombol "Next" untuk menyelesaikan proses pengamanan akun menggunakan fitur New Device Secondary Verification.
  • Untuk memastikan fitur ini sudah aktif, pengguna akan melihat ikon centang di kotak New Device Secondary Verification.

Cara mengaktifkan fitur New Device Secondary Verification di Mobile Legends.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara mengaktifkan fitur New Device Secondary Verification di Mobile Legends.

Cara menghubungkan akun Mobile Legends dan akun Moonton

Selain melalui kedua fitur tadi, satu langkah keamanan yang penting adalah menyambungkan (bind) akun Mobile Legends ke akun Moonton. Pasalnya, akun Moonton bisa dibilang merupakan kunci untuk menyimpan seluruh progres game Mobile Legends yang dimainkan.

Apabila pengguna hanya menghubungkan akun Mobile Legends dengan akun platform pihak ketiga macam Facebook/Google/VK, peretas masih bisa melakukan unbind terhadap akun tersebut dan menghubungkannya dengan akun lain. 

Baca juga: Daftar Atribut dan Talent Semua Jenis Emblem di Mobile Legends yang Wajib Diketahui

Jika akun Mobile Legends pengguna belum di-bind ke akun Moonton dan ternyata diretas, akun mereka kemungkinan besar akan sulit kembali.

Sebaliknya, ketika suatu akun Mobile Legends terhubung dengan akun Moonton, akun tersebut akan terhubung selamanya dan tidak bisa di-unbind, sehingga bisa menghambat niat hacker untuk mengambil alih akun pengguna sepenuhnya.

 

Apabila sudah terhubung, akun Montoon juga diperlukan untuk proses verifikasi ketika kita unbind semua akun pihak ketiga. Cara untuk bind akun Mobile Legends dengan Akun Montoon bisa disimak di bawah ini:

Cara aktivasi akun Moonton yang terhubung dengan akun Mobile Legends.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara aktivasi akun Moonton yang terhubung dengan akun Mobile Legends.

  • Pertama-tama, klik avatar profil pengguna yang berada di pojok kiri atas tampilan lobby utama Mobile Legends.
  • Lalu, pilih menu "Account" dan pilih "Tap to Connect" di kolom "Moonton Account".
  • Kemudian, isi kolom informasi yang tersedia, mencakup nama akun Moonton, kata sandi, dan e-mail yang bakal digunakan untuk verifikasi nanti.
  • Setelah semuanya diisi, klik tombol "Accept The Agreement & Sign Up" dan klik tombol "Check Your Email" di tampilan selanjutnya.
  • Pada tampilan kotak masuk, pilih e-mail Moonton yang baru saja didapatkan dan klik tombol "Activate now" untuk menyelesaikan proses aktivasi akun.
  • Apabila sukses, pengguna bakal mendapat tampilan "Congratulations", sebagaimana ilustrasi gambar di atas.
  • Sebagai hadiah melakukan account binding, Moonton akan memberikan 200 Tickets secara cuma-cuma dan skin trial (7-hari) level Epic untuk hero Alucard, yaitu "Child of the Fall".

Cara menghubungkan akun Mobile Legends dengan akun Moonton.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara menghubungkan akun Mobile Legends dengan akun Moonton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com