Apple MagSafe Wallet Bisa Dilacak jika Hilang

Kompas.com - 16/09/2021, 16:05 WIB
Apple MagSafe Wallet Apple InsiderApple MagSafe Wallet

KOMPAS.com - Seperti diketahui, aksesori charger bermagnet MagSafe telah dihidupkan kembali oleh Apple lewat jajaran iPhone 12 yang diperkenalkan tahun lalu.

Di samping charger, ekosistem MagSafe berisi sejumlah aksesori jenis lain, salah satunya yaitu iPhone Leather Wallet with MagSafe. Belakangan, Apple menambahkan kemampuan baru untuk aksesori tersebut.

Kini, melalui aplikasi Find My di iOS 15, pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 bisa melacak keberadaan iPhone Leather Wallet yang hilang.

Baca juga: Oppo MagVOOC, Teknologi Cas Nirkabel Pesaing MagSafe Apple

Selain itu, aplikasi Find My juga akan memberi tahu kapan dan di mana terakhir kali aksesori itu terlepas dari perangkat.

Proses pelacakan ini mengacu pada alamat IP internet yang kemudian dicocokkan dengan lokasi terakhir pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lain halnya dengan AirTags, iPhone Leather Wallet ini tidak dapat terhubung ke perangkat Apple lain untuk mendeteksi keberadaan mereka secara akurat.

Artinya, pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 hanya bergantung sepenuhnya pada aplikasi Find My untuk bisa melacak lokasi terakhir, di mana aksesori itu terlepas, jatuh, ataupun hilang.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Aksesori MagSafe yang Hadir Kembali di iPhone 12

Untuk melacak keberadaan iPhone Leather Wallet, pengguna iPhone 12 dan iPhone 13 cukup membuka aplikasi Find My. Nantinya, aplikasi akan menampilkan peta berikut titik lokasi iPhone Leather Wallet yang hilang.

Apple iPhone Leather Wallet with MagSafe9to5Mac.com Apple iPhone Leather Wallet with MagSafe

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Kamis (16/9/2021), aplikasi Find My juga menampilkan keterangan waktu, tanggal, serta penunjuk arah (directions) untuk memudahkan pencarian.

Baca juga: iPhone di Indonesia Banyak Dikeluhkan Hilang Sinyal

Meski begitu, Apple mengeklaim bahwa iPhone Leather Wallet sejatinya dibuat dari bahan dasar kulit khusus dan mengandung magnet built-in yang kuat sehingga tidak mudah terlepas jika ditempelkan di bagian punggung ponsel.

Di Amerika Serikat (AS), iPhone Leather Wallet with MagSafe dibanderol seharga 59 dollar AS atau sekitar Rp 840.000.

Ada lima warna yang bisa dipilih, yaitu Golden Brown, Dark Cherry, Sequoia Green, Midnight, dan Wisteria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.