Nilai Transaksi Merger Indosat dan Tri Capai Rp 85 Triliun

Kompas.com - 17/09/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi merger Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri Indonesia. KOMPAS.com/Reska K. NistantoIlustrasi merger Indosat Ooredoo dengan Hutchison Tri Indonesia.

KOMPAS.com - Setelah beberapa kali tertunda, kesepakatan merger antara PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I/Tri) akhirnya tercapai.

Ooredoo Q.P.S.C selaku induk Indosat (Ooredoo) dan CK Hutchison Holdings Limited (HK0001) selaku induk Tri, menyepakati nilai transaksi sebesar 6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 85,5 triliun (kurs Rp 14.200).

Pengawinan kedua perusahaan ini melahirkan entitas bisnis baru, bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).

Entitas tersebut diklaim akan menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia di belakang Telkomsel, dengan perkiraan pendapatan tahunan (revenue) hingga 3 miliar dollar AS (sekitar Rp 42,7 triliun).

Baca juga: Indosat dan Tri Merger, Ini Nama Baru Perusahaan

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Ooredoo Group saat ini memiliki 65 persen saham dan kendali atas Indosat Ooredoo lewat Ooredoo Asia.

Merger Indosat dan Tri membuat CK Hutchison menerima saham baru di Indosat Ooredoo hingga 21,8 persen dari Indosat Ooredoo Hutchison.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara PT Tiga Telekomunikasi, akan menerima saham baru Indosat Ooredoo hingga 10,8 persen dari Indosat Ooredoo.

Bersamaan dengan merger yang dilakukan, CK Hutchison akan mendapatkan 50 persen saham dari Ooredoo Asia dengan menukar 21,8 saham di Indosat Ooredoo Hutchison untuk 33 persen saham di Ooredoo Asia.

Kemudian, CK Hutchison juga akan mendapatkan tambahan 16,7 persen kepemilikan di Ooredoo Group lewat transaksi senilai 387 juta dollar AS (sekitar Rp 5,5 triliun).

Dari transaksi di atas, para pihak masing-masing akan memiliki 50 persen dari saham Ooredoo Asia, yang akab berganti nama menjadi Ooredoo Hutchison Asia. Perusahaan akan memiliki 65,5 persen saham dan kendali atas Indosat Ooredoo Hutchison di Indonesia.

Baca juga: Hutchison Dilaporkan Dekati XL Axiata Soal Kemungkinan Konsolidasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.