Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom: Titik Gangguan IndiHome Ada di Batam

Kompas.com - 20/09/2021, 09:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan internet milik Telkom Group, baik fixed (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) mengalami gangguan sejak Minggu (19/9/2021) sore.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan gangguan tersebut disebabkan oleh adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak.

Pujo turut menjelaskan, pihaknya pun kini telah menemukan titik yang menjadi sumber dari gangguan tersebut.

Baca juga: IndiHome Gangguan Berlanjut Pagi Ini, Pelanggan Susah Akses Zoom

"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut," ujar Pujo dalam pernyataan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (20/9/2021).

Kabel laut Jasuka.Wikimedia Kabel laut Jasuka.
Karena titiknya sudah teridentifikasi, Pujo mengatakan pihaknya akan segera mempersiapkan upaya perbaikan infrastruktur sesegera mungkin, sehingga layanan kembali berangsur pulih seperti sedia kala.

Pujo tidak mengumbar kapan proses perbaikan ini akan rampung. Yang jelas, untuk saat ini, Pujo mengklaim bahwa layanan internet milik Telkom Group sudah berangsur pulih dan kembali normal.

Untuk saat ini, jalur internet dialihkan sementara (rerouting), dan dilakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa, dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

Pengguna masih mengeluh

Meski demikian, pantauan KompasTekno, Senin (20/9/2021) pagi, gangguan IndiHome dan Telkomsel ini tampaknya masih melanda sejumlah pengguna.

Baca juga: Internet IndiHome dan Telkomsel Gangguan, Ini Penyebabnya

Menurut seorang pengguna IndiHome bernama Icha, ia masih merasakan adanya penurunan kualitas jaringan dari biasanya.

"Saya sebenarnya bisa mengakses link Google Drive untuk mengisi absen dan untuk kerja, tetapi internetnya ini sangat lambat dan loading terus," kata Icha kepada KompasTekno.

Hal senada juga disampaikan pengguna Twitter dengan handle @diwidatama_1112. Menurut dia, layanan internet IndiHome dan Telkomsel masih belum berangsur pulih hingga pagi ini.

"Padahal ada anak-anak yang ikut ujian asesmen nasional berbasis komputer di sekolah. Penilaiannya pasti terganggu," kata pengguna Twitter dengan handle @diwidatama_1112.

Tidak merata

Gangguan ini nampaknya tidak merata, Sebab, meski banyak yang mengaku ada penurunan, namun ada pula yang mengaku sudah normal.

Baca juga: Daftar Harga Paket Internet IndiHome, Mulai dari Rp 275.000 Per Bulan

Sejumlah kerabat KompasTekno yang memakai IndiHome dan Telkomsel, misalnya, mengaku mereka saat ini sudah bisa melakukan Zoom, mengakses Google Meet, dan layanan daring lainnya dengan lancar.

"IndiHome sudah lancar sekarang, ini saya pakai dan mau ujian online," kata seorang kerabat bernama Andri pengguna Telkomsel.

"Sekarang main Mobile Legends sudah lancar ping-nya 5ms, kalau semalam sampai 100ms," imbuh Luthfi pengguna IndiHome.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com