Melihat Tampilan Baru iOS 15 yang Desainnya Dirombak

Kompas.com - 21/09/2021, 19:37 WIB
Ilustrasi iOS 15. CNETIlustrasi iOS 15.

KOMPAS.com - Apple resmi merilis sistem operasi (OS) terbarunya, yakni iOS 15. Sistem operasi generasi ke-15 ini sudah tersedia dan dapat diunduh oleh pengguna perangkat iPhone, termasuk di Indonesia.

Dibandingkan dengan pendahulunya, iOS 15 hadir dengan memboyong segudang fitur baru. Beberapa di antaranya termasuk kemampuan membagikan tautan (link) panggilan video FaceTime, fitur Live Text yang bisa menyalin teks dari gambar, dan masih banyak lagi.

Baca juga: iOS 15 Sudah Bisa Di-download di Indonesia

Melalui pembaruan ini pula, Apple melakukan perombakan besar-besaran pada desain antarmuka (UI) yang diusung pada deretan aplikasi seperti browser Safari, Apple Maps, aplikasi cuaca (Weather).

Untuk mengetahui detil lengkapnya, berikut merupakan deretan aplikasi di iOS 15 yang tampil dengan UI terbaru, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (21/9/2021).

Safari tampak lebih segar

Tampilan baru browser Safari di iOS 15.The Verge Tampilan baru browser Safari di iOS 15.

Aplikasi browser khas Apple ini mengalami perubahan tampilan yang cukup signifikan. Setelah memasang pembaruan iOS 15, pengguna akan menjumpai bilah tab pencarian URL di sisi bawah layar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan adanya penyesuaian ini, pengguna dapat mengakses sejumlah tab secara bersamaan hanya dengan mengusap layar ke samping.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian iOS 15

Apple turut menghadirkan sebuah tab grup yang berfungsi menyimpan dan mengatur tab sesuai keinginan pengguna, bahkan memasang ekstensi (extention) pihak ketiga.

Untuk sebagian pengguna, tampilan baru ini bisa jadi sangat memusingkan. Namun tidak perlu khawatir, sebab pengguna dapat mengubah tampilan antarmuka Safari ke versi sebelumnya melalui menu Settings.

Tampilan 3D di Apple Maps

Aplikasi Apple Maps mampu tampilkan bangunan, pohon, dan jembatan dalam bentuk tiga dimensi (3D).The Verge Aplikasi Apple Maps mampu tampilkan bangunan, pohon, dan jembatan dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Halaman:


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.