10 Media Sosial yang Jadi Sumber Berita Warganet

Kompas.com - 22/09/2021, 15:34 WIB
Ilustrasi pengguna media sosial businessinsider.comIlustrasi pengguna media sosial
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Saat ini, media sosial tak hanya digunakan untuk berbagi beragam hal kepada teman-teman kita, tetapi juga sebagai kanal untuk mencari berita terbaru.

Bahkan, sebagian besar orang mengaku memang sering mendapatkan berita terkini dari media sosial, bukan sistus berita media online dan sejenisnya, terlebih sejak dunia dilanda pandemi Covid-19.

Setidaknya begitu menurut sebuah laporan terbaru yang dirilis lembaga riset Pew Research. Dalam risetnya, mereka melakukan survei sekitar 11.000 orang dewasa yang tinggal di AS (usia 18 tahun ke atas) pada periode 26 Juli-8 Agustus 2021.

Dari responder tersebut, 48 persen mengaku bahwa mereka sering atau kadang mencari berita terkini dari media sosial. Meski demikian, angka tersebut lebih kecil dari tahun lalu, di mana totalnya mencapai 53 persen.

Pew Research juga mencantumkan 10 media sosial yang kerap digunakan oleh orang dewasa di AS untuk mencari berita. Berikut daftarnya dengan urutan berdasarkan popularitasnya.

  1. Facebook
  2. YouTube
  3. Twitter
  4. Instagram
  5. Reddit
  6. TikTok
  7. LinkedIn
  8. Snapchat
  9. WhatsApp
  10. Twitch
    Ilustrasi grafik pengguna media sosial yang mencari berita di platform yang mereka gunakan.PewResearch Ilustrasi grafik pengguna media sosial yang mencari berita di platform yang mereka gunakan.

Facebook menjadi media sosial yang sering dipakai oleh 31 persen responden Pew Research untuk mengonsumsi berita, di mana 66 persen lainnya menggunakan Facebook sebagaimana media sosial pada umumnya.

Kemudian, YouTube, Twitter, dan Instagram secara berurutan dipakai oleh 22 persen, 13 persen, dan 11 persen orang dewasa AS untuk mencari berita terkini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bukti WhatsApp Mulai Ditinggalkan Pengguna

Pengguna sering dapat berita di Twitter

Meski Facebook paling laris digunakan untuk mencari berita, Twitter justru diakui pengguna sebagai platform yang sering memunculkan konten berita.

Dari total responden Pew Research, 55 persen pengguna yang memakai Twitter mengaku sering mendapatkan berita di sana, turun dari tahun lalu yang angkanya mencapai 59 persen.

Kemudian, sekitar 47 persen pengguna yang memakai Facebook pun mengaku sering mendapatkan berita di platform tersebut, turun pula dari angka 54 persen di tahun lalu.

Jumlah pengguna media sosial yang mengaku mendapatkan berita di platform yang mereka gunakan.PewResearch Jumlah pengguna media sosial yang mengaku mendapatkan berita di platform yang mereka gunakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.