Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Sebut Perbaikan Kabel Laut Jasuka Butuh Waktu Sebulan

Kompas.com - 22/09/2021, 19:53 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masalah pada kabel bawah laut Jasuka (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) di ruas Batam-Pontianak membuat layanan Indihome dan Telkomsel mengalami gangguan pada Minggu (19/9/2021).

Pihak Telkom kini sedang mengupayakan perbaikannya. Dalam keterangan resmi kepada KompasTekno, Rabu (22/9/2021), Telkom memperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan.

Baca juga: Mengenal Kabel Laut Jasuka, Sumber Gangguan Internet Telkom IndiHome

Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan, seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, pihaknya melakukan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam untuk peningkatan kualitas layanan.

Kapasitas jaringan ditingkatkan melalui pengaktifan jalur back up dan alternatif, khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Di samping itu, kami juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy tinggi," jelas Pujo.

Baca juga: Telkom Klaim Layanan Indihome dan Telkomsel Berangsur Pulih

Lebih lanjut, Pujo mengatakan bahwa, sehubungan dengan proses peningkatan kualitas layanan yang bertahap, maka tak menutup kemungkinan adanya sistem prioritas seperti untuk kebutuhan video conference bagi masyarakat yang bekerja dan sekolah dari rumah.

"Kami tetap mengutamakan aplikasi video conference untuk WFH dan LFH mengingat saat ini kebutuhan untuk pendidikan sedang menjadi prioritas," pungkas Pujo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com