Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8 Meluncur, Ini Harganya

Kompas.com - 23/09/2021, 07:26 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan dua produk Surface terbarunya pekan ini, yaitu Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8.

Surface Laptop Studio merupakan suksesor dari laptop Surface Book 3 yang dirilis 2020 lalu, sedangkan Surface Pro 8 merupakan suksesor dari tablet Surface Pro 7 yang diperkenalkan 2019 lalu.

Dibanding pendahulunya, kedua perangkat ini kompak dibekali dengan berbagai fitur baru, salah satunya adalah layar 120 Hz yang bisa membuat tampilan animasi dalam layar lebih mulus dibanding layar 60 Hz.

Baca juga: Saat MacBook Sarankan Beli Microsoft Surface 2

Kedua perangkat ini juga kini dibekali dengan konektor Thunderbolt 4 dan memiliki fitur touchscreen yang mendukung stylus Surface Slim Pen 2. Lantas, apa fitur lainnya dari kedua produk tersebut?

Surface Laptop Studio

Salah satu fitur baru yang paling mencolok di Surface Laptop Studio adalah desainnya. Alih-alih bisa dilepas pasang, layar PixelSense Flow Display berukuran 14,4 inci (resolusi 2.400 x 1.600 piksel) tersebut kini terhubung dengan engsel yang tak bisa dicopot.

Kehadiran engsel ini memungkinkan laptop dipakai dalam tiga mode, yaitu Laptop, Stage, dan Studio.

Mode Laptop memungkinkan perangkat akan memiliki bentuk sebagaimana laptop pada umumnya. Kemudian, mode Stage akan membuat layar bisa ditarik ke atas hingga menutupi keyboard dan menyisakan touchpad.

Sementara itu, mode Studio akan mengubah laptop menjadi tablet yang akan memunggungi keyboard dan touchpad, sebagaimana model laptop Surface generasi sebelumnya.  

Pada aspek hardware, Surface Laptop Studio ditenagai dengan konfigurasi prosesor (CPU) hingga Intel Core i7, pengolah grafis (GPU) terintegrasi Iris Xe, hingga opsi GPU eksternal Nvidia GeForce RTX 3050 Ti.

Baca juga: 5 Besar Vendor Tablet Dunia, Apple Teratas Lenovo Tumbuh Paling Besar

Komponen CPU dan GPU tersebut dipadukan dengan RAM hingga 32 GB, serta media penyimpanan SSD hingga 2 TB.

Surface Pro 8

Ilustrasi Surface Pro 8.TheVerge Ilustrasi Surface Pro 8.

Surface Pro 8 merupakan tablet Microsoft yang mengusung layar PixelSense Flow Display beresolusi 13 inci, lebih besar dari generasi Surface Pro sebelumnya.

Layar tersebut kini mendukung fitur dynamic refresh rate 120 Hz, yang bakal menyesuaikan refresh rate layar sesuai dengan konten yang ditampilkan, serta dilengkapi dengan fitur Dolby Vision dan Adaptive Color Technology.

Pada aspek hardware, Surface Pro 8 ditenagai dengan konfigurasi CPU hingga Intel Core i7, yang dipadukan dengan RAM hingga 32 GB dan media penyimpanan 1 TB.

Baca juga: Google Resmikan Pixel Slate, Tablet Pesaing iPad dan Surface Pro

Microsoft mengklaim performa CPU tablet tersebut kini 40 persen lebih cepat dibanding pendahulunya dan 74 persen lebih ngebut untuk performa GPU.

Untuk segi daya, tablet ini sendiri diklaim bisa menemani pengguna hingga 16 jam dalam pemakaian normal.

Sama seperti generasi sebelumnya, Surface Pro 8 juga bisa dipasangkan dengan aksesori keyboard terbaru yang memiliki rumahan untuk stylus Surface Slim Pen 2, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (23/9/2021).

Untuk harganya, Surface Laptop Studio dijual dengan harga termurah 1.600 dolar AS (sekitar Rp 22,8 juta), sedangkan banderol terbawah Surface 8 Pro dipatok di angka 1.100 dolar AS (sekitar 15,6 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com