Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan Mouse Hasil Daur Ulang Sampah Laut

Kompas.com - 27/09/2021, 14:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Selain meluncurkan jajaran smartphone dan laptop Surface terbarunya, Microsoft turut memperkenalkan sebuah perangkat lain pada pekan lalu.

Adapun perangkat yang dimaksud adalah Microsoft Ocean Plastic Mouse, sebuah mouse wireless yang diproduksi dari hasil daur ulang limbah laut.

Pihak Microsoft mengklaim bahwa mouse ini ramah ramah lingkungan. Sebab, 20 persen cangkang Ocean Plastic Mouse terbuat dari bahan dasar daur ulang sampah plastik di laut.

Sampah plastik tersebut kemudian diolah menjadi pelet resin yang diproses untuk dibentuk menjadi bodi mouse.

Baca juga: Microsoft Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8 Meluncur, Ini Harganya

"Jika Anda serius menjalani inovasi, maka Anda juga harus serius memikirkan akses untuk semua orang, termasuk keberlanjutan sumber daya kita yang paling terbatas, yakni planet kita sendiri," ungkap CEO Microsoft, Saty Nadella dalam acara peluncuran Surface.

Ocean Plastic Mouse juga dikemas dalam kotak kemasan berbahan kayu dan serat tebu yang diklaim sepenuhnya aman untuk didaur ulang.

Pihak Microsoft turut menawarkan jasa daur ulang mouse gratis. Pengguna yang tertarik dapat mengirimkan mouse lama mereka untuk kemudian didaur ulang oleh pihak perusahaan.

Karena termasuk sebagai mouse wireless, Ocean Plastic Mouse mendukung Swift Pair dan konektivitas Bluetooth 4.0 yang dapat menjangkau jarak hingga 10 meter.

Tampak samping Microsoft Ocean Plastic Mouse.Microsoft Tampak samping Microsoft Ocean Plastic Mouse.

Mouse ini ditenagai oleh sbaterai AA tunggal yang diklaim dapat bertahan hingga 12 bulan waktu pemakaian.

Ocean Plastic Mouse rencananya akan tersedia di pasaran pada 5 Oktober mendatang, bersamaan dengan peluncuran sistem operasi Windows 11.

Baca juga: Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (27/9/2021), Microsoft akan mematok harga Ocean Plastic Mouse debesar 25 dollar AS atau sekitar Rp 357.000.

Selain Microsoft, perusahaan teknologi lain belakangan juga semakin menerapkan konsep bebas plastik pada produk keluaran mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan Apple beberapa waktu.

Perusahaan asal Cupertino, California, AS tersebut tak lagi membungkus kotak penjualan lini iPhone 13 dengan plastik.

Langkah tersebut, menurut Apple, sengaja dilakukan untuk mengurangi limbah plastik sampah yang diperkirakan bisa mencapai 600 metrik ton, atau 600.000 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com