Microsoft Luncurkan Mouse Hasil Daur Ulang Sampah Laut

Kompas.com - 27/09/2021, 14:05 WIB
Microsoft Ocean Plastic Mouse, sebuah mouse yang diproduksi Microsoft dari hasil daur ulang limbah laut. MicrosoftMicrosoft Ocean Plastic Mouse, sebuah mouse yang diproduksi Microsoft dari hasil daur ulang limbah laut.

KOMPAS.com - Selain meluncurkan jajaran smartphone dan laptop Surface terbarunya, Microsoft turut memperkenalkan sebuah perangkat lain pada pekan lalu.

Adapun perangkat yang dimaksud adalah Microsoft Ocean Plastic Mouse, sebuah mouse wireless yang diproduksi dari hasil daur ulang limbah laut.

Pihak Microsoft mengklaim bahwa mouse ini ramah ramah lingkungan. Sebab, 20 persen cangkang Ocean Plastic Mouse terbuat dari bahan dasar daur ulang sampah plastik di laut.

Sampah plastik tersebut kemudian diolah menjadi pelet resin yang diproses untuk dibentuk menjadi bodi mouse.

Baca juga: Microsoft Surface Laptop Studio dan Surface Pro 8 Meluncur, Ini Harganya

"Jika Anda serius menjalani inovasi, maka Anda juga harus serius memikirkan akses untuk semua orang, termasuk keberlanjutan sumber daya kita yang paling terbatas, yakni planet kita sendiri," ungkap CEO Microsoft, Saty Nadella dalam acara peluncuran Surface.

Ocean Plastic Mouse juga dikemas dalam kotak kemasan berbahan kayu dan serat tebu yang diklaim sepenuhnya aman untuk didaur ulang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihak Microsoft turut menawarkan jasa daur ulang mouse gratis. Pengguna yang tertarik dapat mengirimkan mouse lama mereka untuk kemudian didaur ulang oleh pihak perusahaan.

Karena termasuk sebagai mouse wireless, Ocean Plastic Mouse mendukung Swift Pair dan konektivitas Bluetooth 4.0 yang dapat menjangkau jarak hingga 10 meter.

Tampak samping Microsoft Ocean Plastic Mouse.Microsoft Tampak samping Microsoft Ocean Plastic Mouse.

Mouse ini ditenagai oleh sbaterai AA tunggal yang diklaim dapat bertahan hingga 12 bulan waktu pemakaian.

Ocean Plastic Mouse rencananya akan tersedia di pasaran pada 5 Oktober mendatang, bersamaan dengan peluncuran sistem operasi Windows 11.

Baca juga: Ponsel Android Lipat Microsoft Surface Duo 2 Meluncur, Harga Rp 21 Juta

Halaman:


Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.